Ajak si Kecil Tetap Kreatif saat Liburan

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 19 Jun 2017, 11:02 WIB
Siapkan amunisi menjelang liburan. Sederet ide ini dapat mempererat ikatan Bunda dengan si Kecil sekaligus meningkatkan kreativitasnya.
Ajak si Kecil Tetap Kreatif saat Liburan

Klikdokter.com, Jakarta Libur sudah di depan mata. Masa ini pasti menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu Ayah dan Bunda, apalagi jika kesehariannya disibukkan oleh pekerjaan.

Ya, saatnya membayar segala waktu yang terambil ketika harus meninggalkan si Kecil dengan mertua atau pengasuhnya di rumah.

Jangan sampai kehilangan ide. Jenis dan tipe aktivitas tak hanya harus mengasyikkan, tetapi juga membangkitkan kreativitas si Kecil untuk mengasah perkembangan dan kecerdasannya.

Apa saja aktivitas yang dapat dilakukan bersama si Kecil usia 6–12 bulan?

  • Mengajak bermain

    Bermain merupakan media untuk merangsang tumbuh kembang otak si Kecil.

    Bunda bisa mengajak si Kecil bermain dengan boneka yang mengeluarkan suara-suara, mainan berbentuk gantungan, atau mainan berbentuk alat musik. Ia pasti akan sangat menyukainya.

    Pastikan si Kecil selalu didampingi saat bermain dengan mainan-mainannya, mengingat pada periode ini ia masih sering memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya.

  • Membacakan dongeng pengantar tidur

    Si Kecil mungkin tidak dapat memahami apa yang Bunda sedang ceritakan sepenuhnya. Namun, jangan salah, otaknya terus-menerus merekam kata- kata dan gambar yang didengar dan dilihatnya.

    Kelak, Bunda akan terkejut akan kemampuannya mengingat, mengulang kembali, dan berimajinasi akan apa yang Bunda telah ajarkan melalui buku, tanpa menyadarinya.

  • Berenang bersama

    Aktivitas fisik seperti berenang sangat baik dilakukan si Kecil untuk menstimulasi motorik kasarnya (ini juga berlaku untuk anak usia 6–12 bulan, lho!). Dengan berenang, ia belajar menggerak- gerakkan hampir seluruh anggota tubuhnya.

    Selain sehat, latihan pergerakan ini juga akan sangat bermanfaat ketika kelak ia belajar merangkak dan berjalan.

  • Pergi ke kebun binatang atau ruang terbuka lainnya

    Si Kecil pasti akan senang melihat berbagai jenis flora dan fauna melalui kunjungan ke taman atau kebun binatang.

    Selain berguna untuk mempererat hubungan anak dan orangtua, menyaksikan bentuk dan berbagai warna yang ada pada satwa dan tumbuhan akan membuatnya riang gembira.

    Bonusnya, Bunda pun ikut mendapatkan manfaat karena memperoleh udara segar di ruang terbuka.

  • Bernyanyi bersama

    Sedang tidak bersemangat mengajak si Kecil keluar rumah? Tidak masalah. Cukup putarkan lagu kanak-kanak yang dapat Bunda nyanyikan dengan riang.

    Meski si Kecil belum dapat mengerti, ia pasti akan ikut bahagia melihat Bunda bernyanyi riang.

Seratus satu cara dapat Bunda praktikkan untuk tetap mengasah kreativitas si Kecil saat liburan tiba. Pastikan jenis aktivitas yang Bunda berikan sesuai dengan usia dan aman untuknya. Selamat berimajinasi dan teruslah berkreasi!

[RS]