4 Benda yang Wajib Dibawa saat Liburan bersama si Kecil

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 19 Jun 2017, 11:08 WIB
Jangan sampai tertinggal, daftar benda ini siap menemani liburan Ayah dan Bunda bersama si Kecil.
4 Benda yang Wajib Dibawa saat Liburan bersama si Kecil

Klikdokter.com, Jakarta Liburan bersama si Kecil tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu, apalagi jika Ayah dan Bunda seorang pekerja kantoran. Agar semua agenda berjalan lancar, berbagai perlengkapan dan benda penting wajib untuk dibawa, khususnya yang berhubungan dengan kebutuhan si Kecil.

Sayangnya, banyaknya rencana sering kali membuat beberapa hal penting tersebut terlewat begitu saja. Tenang saja, berikut ini daftar perlengkapan ‘tempur’ si Kecil yang wajib dibawa untuk melengkapi liburan:

  1. Baju yang nyaman dan cukup jumlahnya

    Boleh saja mempertimbangkan urusan mode saat memilihkan baju liburan untuk si Kecil. Namun, kenyamanan tetap harus diutamakan.

    Pilihlah baju yang menjamin kenyamanannya selama masa liburan. Selaraskan juga bajunya dengan destinasi liburan.

    Selain itu, perhitungkan durasi liburan. Sesuaikan jumlah baju dengan kebutuhan si Kecil selama tinggal di tempat tujuan sekeluarga.

  2. Mainan

    Jika tak mau liburan terganggu karena si Kecil rewel, jangan lupa untuk membawa mainan-mainan. Misalnya, boneka yang mengeluarkan suara-suara hewan, mainan berbentuk gantungan, atau mainan berbentuk alat musik.

  3. Obat-obatan pribadi

    Mudah saja memang mencari rumah sakit atau apotek, selama destinasi liburan adalah kota-kota yang cukup besar.

    Namun, akan lebih mudah lagi bila obat pribadi si Kecil dipersiapkan sebelum memulai perjalanan. Jenis obat yang wajib ada dalam daftar adalah obat demam, diare, alergi, antiseptik, serta plester luka.

  4. Makanan ringan dan siap hidang

    Tak semua destinasi liburan memiliki menu makanan yang bersahabat dengan lidah si Kecil dan bisa didapat kapan saja.

Bila memang ragu dengan ketersediaan makanan tersebut, tak ada salahnya untuk membawa sendiri makanan yang sudah pasti digemarinya. Misalnya, roti, biskuit, yoghurt, atau potongan keju.

Jika si Kecil belum tumbuh gigi, Bunda dapat membawa biskuit yang dapat menstimulasi pertumbuhan giginya. Sebaiknya pilih biskuit yang teksturnya berpori dan mudah larut sehingga ia tidak akan tersedak.

Tentunya, kelengkapan benda-benda wajib bawa ini akan membuat waktu kebersamaan makin menyenangkan. Selamat menikmati liburan bersama si Kecil dan keluarga!

[RS/ RH]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter