Kiat Cerdas Menyiapkan MPASI saat Mudik

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 19 Jun 2017, 11:12 WIB
Kebahagiaan menyambut mudik tidak harus dirusak dengan kepusingan menyiapkan MPASI. Baca kiatnya di sini.
Kiat Cerdas Menyiapkan MPASI saat Mudik

Klikdokter.com, Jakarta Mudik Lebaran bersama si Kecil perlu persiapan khusus. Bunda harus menyediakan banyak hal termasuk makanan. Repot? Pasti. Apalagi bila si Kecil sudah memasuki masa MPASI atau momen makan pertamanya.

Namun, dengan kiat cerdas, segala kerepotan yang ada bisa disiasati jadi menyenangkan. Hal yang terpenting, si Kecil tetap mendapatkan gizi sesuai kebutuhan.

Untuk itu, mari simak cara cerdik menyiapkan MPASI untuk mudik:

  • Siapkan daftar makanan beberapa hari sebelum keberangkatan

    Beberapa hari sebelum keberangkatan, buatlah daftar makanan sehat yang menjadi favorit si Kecil.

    Untuk perbekalan perjalanan, beberapa menu dari daftar ini dapat Bunda beli dari kota asal. Lengkapi bahan baku MPASI setibanya di tempat tujuan.

    Satu hal yang perlu diperhatikan, pilih makanan yang memang sudah pernah diperkenalkan pada si Kecil dan terbukti tidak menimbulkan keluhan apa pun.

    Hindari pemberian jenis makanan baru selama waktu mudik. Ini demi menghindari timbulnya masalah pencernaan, seperti mual, muntah, diare, bahkan alergi.

  • Simpan MPASI di wadah bersih yang kedap udara

    Siapkan bahan-bahan baku yang segar dan telah dicuci bersih, lalu olah sesuai selera. Setelah itu, MPASI dapat disimpan dalam wadah yang tertutup rapat untuk mencegah kontaminasi selama penyimpanan.

    Bila si Kecil lebih menyukai hangat, Bunda dapat membawanya dalam tempat makan khusus untuk menjaga kehangatan makanan.

  • Sediakan makanan kecil yang bergizi dan menyegarkan

    Terkadang, agenda silaturahmi yang padat membuat jadwal makan si Kecil menjadi sedikit bergeser.

    Karena itu, sediakan selalu menu camilan MPASI untuk mengisi kekosongan energi yang dibutuhkannya. Misalnya, potongan roti, biskuit, yoghurt, keju, buah segar, atau sayur yang sudah dikukus.

  • Bawa peralatan makan pribadi

    Saat situasi sedang semarak dan penuh dengan perayaan, peralatan makan yang dipakai bersama belum tentu terjamin kebersihannya.

    Agar kebersihan diri si Kecil tetap terjaga, sebaiknya Bunda selalu membawa peralatan makan pribadinya. Termasuk tisu basah dan kantong plastik kecil yang berguna saat menyiapkan MPASI maupun setelahnya.

Mudik menjadi lebih menyenangkan bila Bunda tahu apa saja yang harus disiapkan, termasuk menu dan kelengkapan MPASI si Kecil. Bunda dapat membuatnya sendiri atau menggunakan MPASI instan yang aman dan bergizi. Dengan demikian, silaturahmi tetap bisa dinikmati, nutrisi si Kecil pun selalu terlengkapi.

[RS/ RH]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter