Trik Agar si Kecil Tak Rewel saat Perjalanan Jauh

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 19 Jun 2017, 11:18 WIB
Perjalanan jauh, bosan, dan melelahkan dapat disulap menyenangkan dengan cara berikut.
Trik Agar si Kecil Tak Rewel saat Perjalanan Jauh

Klikdokter.com, Jakarta Jangankan si Kecil, orang dewasa saja sering bosan ketika harus melakukan perjalanan jauh. Apalagi dihadapkan pada ruang gerak yang terbatas di dalam kendaraan, baik darat, laut, maupun udara.

Berbeda dengan orang dewasa yang lebih mudah melewatkan waktu dengan tidur, anak usia 6–12 bulan memang cenderung lebih sulit menghadapi kebosanan dan kemudian menjadi rewel.

Lalu, bagaimana caranya agar semua dapat menikmati perjalanan dengan tenang, bahagia, dan si Kecil pun ikut gembira?

Pada dasarnya, si Kecil membutuhkan banyak stimulasi, permainan, dan aktivitas fisik agar mood-nya terjaga baik. Berangkat dari ketiga hal ini, beberapa kiat berikut dapat Bunda pelajari agar si Kecil tak bosan di jalan:

  • Siapkan mainan favorit yang mudah dibawa

    Beberapa hari sebelum melakukan perjalanan, siapkan beberapa permainan yang dapat si Kecil mainkan selama perjalanan. Misalnya, boneka yang mengeluarkan suara-suara atau mainan yang dapat digigit.

    Di samping mainan, Bunda juga dapat memutarkan lagu kegemarannya.

  • Memutar musik dan bernyanyi bersama

    Waktu tempuh yang panjang tidak terasa memberatkan bila si Kecil ikut menikmati sepanjang perjalanan.

    Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan memutarkan musik yang menyenangkan dan mengajaknya ikut bernyanyi bersama (meski si Kecil belum bisa bernyanyi atau memahami nyanyian tersebut).

    Si Kecil pasti ikut bahagia sepanjang perjalanan melihat orangtuanya bernyanyi lepas dan tertawa gembira.

  • Rencanakan beberapa pemberhentian

    Tidak hanya Bunda, orangtua manapun akan merasa jenuh jika harus berlama-lama memutar otak untuk menghibur si Kecil. Bila perjalanan darat yang menjadi pilihan dan jarak tempuh cukup jauh, usahakan untuk melakukan pemberhentian di beberapa titik.

    Sebaiknya tempat pemberhentian ini memiliki ruang gerak yang cukup luas, agar si Kecil dapat berlarian dan melakukan gerakan fisik lain yang tidak dapat dilakukan di dalam kendaraan.

Perjalanan memang akan memakan waktu lebih lama, tetapi tentu lebih dapat dinikmati oleh Bunda sekeluarga.

Dengan persiapan yang matang, kebosanan si Kecil selama perjalanan jauh akan lebih dapat dihindari. Tenangkan diri, siapkan perbekalan dari jauh-jauh hari. Perjalanan aman, nyaman, dan menyenangkan akan lebih mudah Bunda jalani.

[RS/ RH]