Ini Bahayanya Jika Anda Tidak Sarapan Pagi

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 21 Jun 2017, 09:47 WIB
Tak disangka, ternyata tidak sarapan pagi bisa mendatangkan sederet bahaya bagi orang yang melakukannya.
Ini Bahayanya Jika Anda Tidak Sarapan Pagi

Klikdokter.com, Jakarta Sarapan pagi memang telah diketahui dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, tidak rutin sarapan pagi juga ada bahayanya, lho!

Tidak salah jika ada pepatah yang mengatakan bahwa sarapan pagi adalah waktu makan paling penting dalam sehari. Jika dikonsumsi secara teratur, sarapan pagi ternyata dapat memberikan manfaat kesehatan yang tak ternilai harganya.

Sebaliknya, jika Anda sering ‘bolos’ sarapan pagi, sederet bahaya akan menghampiri. Berikut bahaya yang bisa terjadi jika Anda tidak rutin sarapan pagi:

  1. Badan Lemas

    Orang yang jarang sarapan pagi akan lebih lemas, kurang bersemangat, dan memiliki performa yang kurang di sekolah maupun tempat kerja ketimbang mereka yang rajin sarapan pagi.

  2. Badan Melar

    Orang yang tidak sarapan didapati lebih sulit untuk menurunkan berat badan ketimbang mereka yang rajin sarapan. Jadi jika ingin diet berhasil, Anda harus rutin sarapan pagi setiap hari, ya!

  3. Kolesterol Tinggi

    Percaya atau tidak, ternyata malas sarapan pagi berakibat pada meningkatnya kadar kolesterol dalam darah.

  4. Kencing Manis

    Penelitian yang dilakukan di Harvard, Amerika, menemukan bahwa orang yang tidak rutin sarapan lebih berisiko terkena diabetes atau kencing manis dibandingkan dengan mereka yang rutin sarapan pagi.

  5. Penyakit Jantung

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Harvard dan studi-studi lainnya, mereka yang tidak rutin sarapan pagi lebih berisiko terkena serangan jantung dibandingkan dengan orang yang rutin sarapan pagi. Hal ini berlaku untuk pria dan wanita.

  6. Stroke

    Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa tidak rutin sarapan pagi berisiko meningkatkan faktor risiko stroke.

  7. Kanker

    Menurut penelitian yang dilakukan oleh Cancer Research United Kingdom, mereka yang jarang sarapan lebih berisiko terkena kanker dibandingkan dengan yang rajin sarapan.

Jadi sebenarnya, Anda rugi jika tidak sarapan pagi. Kalau tak mau berurusan dengan masalah kesehatan, jangan lupa sarapan pagi setiap hari, ya!

(NB/ RH)

balqis arrumbalqis arrum

sarapan pagi itu baiknya jam brrapa?

balqis arrumbalqis arrum

sarapan pagi itu baiknya jam brrapa?