Manfaat Sarapan Pagi bagi Kecerdasan Otak Anak

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 21 Jun 2017, 10:10 WIB
Anak Anda memiliki kesulitan dalam mengikuti pelajaran sekolah? Coba ingat-ingat, apakah ia sudah rutin sarapan pagi?
Manfaat Sarapan Pagi bagi Kecerdasan Otak Anak

Klikdokter.com, Jakarta Sulit fokus, kurang berenergi, serta memiliki memori dan konsentrasi yang kurang adalah ciri-ciri kecerdasan otak anak yang terganggu. Salah satu kondisi yang menyebabkan hal ini adalah kebiasaan sarapan pagi yang tidak dilakukan secara rutin.

Faktanya, berbagai penelitian menyebutkan bahwa anak yang rutin mengonsumsi sarapan pagi didapati memiliki performa dan nilai yang lebih baik di sekolah. Ini karena anak yang rajin sarapan pagi memiliki kesempatan untuk mendapatkan asupan nutrisi yang lebih banyak ketimbang anak yang jarang sarapan.

Pendapat di atas dibuktikan oleh penelitian di Jurnal Frontiers in Human Neuroscience tahun 2013 yang menyebutkan bahwa anak berusia di bawah 13 tahun dapat meningkatkan performa di sekolah dengan sarapan pagi.

Hal ini terlihat dari nilai tes matematika dan aritmatika yang lebih baik pada anak yang rajin sarapan ketimbang yang tidak.

Adapun studi lain yang membuktikan bahwa anak yang rutin sarapan pagi memiliki skor IQ yang lebih tinggi secara signifikan.

Perbedaan skor IQ ini berlaku untuk anak laki-laki dan perempuan, kelompok usia sekolah hingga dewasa muda.

Melihat besarnya manfaat sarapan pagi bagi kecerdasan otak anak, tentunya Anda harus mulai rajin menyiapkan berbagai pilihan menu lezat nan bergizi setiap harinya.

Anda dapat memberikan roti tawar panggang yang dilengkapi dengan selai kacang, keju, telur, atau daging. Anda pun dapat menyajikan oatmeal, pisang, dan susu.

Mulai saat ini, yuk terapkan kebiasaan baik untuk rutin sarapan pagi setiap hari. Dengan begitu, kecerdasan otak anak akan berkembang dengan lebih optimal.

(NB/ RH)