Awas, Tidak Sarapan Pagi Sebabkan Penyakit Jantung

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 21 Jun 2017, 10:12 WIB
Sering tidak sarapan? Hati-hati, penyakit jantung mengintai Anda!
Awas, Tidak Sarapan Pagi Sebabkan Penyakit Jantung

Klikdokter.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang melewatkan sarapan pagi. Entah karena terburu-buru, atau karena alasan klasik lainya. Padahal, tidak sarapan bisa sebabkan penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Harvard, Amerika, menyatakan bahwa mereka yang sering ‘bolos’ sarapan pagi terbukti rentan terkena penyakit jantung.

Studi yang dilakukan sejak tahun 1992 hingga 2008 tersebut melibatkan 26.902 laki-laki berusia 45–82 tahun. Selama penelitian, didapati 1.572 orang meninggal akibat serangan jantung. Setelah ditelaah lebih jauh, ternyata mereka yang meninggal tidak rutin sarapan pagi.

Meski subjek pada penelitian di atas ada yang rutin berolahraga dan tidak merokok, tetap saja didapati risiko penyakit jantung yang meningkat akibat tidak rutin sarapan pagi.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal American Heart Association Circulation pada tahun 2013, tidak rutin sarapan pagi dapat berujung pada kondisi yang menjadi faktor risiko penyakit jantung. Sebut saja kegemukan/ obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Sekarang Anda sudah tahu mengapa tidak sarapan dapat berujung pada penyakit jantung, bukan? Jadi, mulai saat ini, jangan lupa untuk sarapan pagi setiap hari, ya!

(NB/ RH)