Kiat Agar Badan Tak Melebar usai Lebaran

Oleh dr. Nadia Octavia pada 21 Jun 2017, 11:30 WIB
Coba empat cara ini agar timbangan tidak naik usai Lebaran.
Kiat Agar Badan Tak Melebar usai Lebaran

Klikdokter.com, Jakarta Apa hal yang paling menyenangkan saat Idulfitri? Salah satunya tentu berkumpul dengan saudara sambil menikmati hidangan khas Lebaran. Apalagi, setiap berkunjung ke rumah kerabat, makanan yang disajikan berbeda-beda bergantung dari kebiasaan dan adat istiadat sang empunya rumah.

Kalau tidak makan rasanya tidak sopan, tapi kalau terus-menerus makan setiap kali bertandang ke rumah saudara, sudah bisa ditebak berat badan Anda akan melonjak!

Anda tak ingin, kan, badan melebar usai Lebaran? Berikut beberapa kiat diet yang bisa Anda coba:

Kontrol porsi makan

Kuncinya adalah mengontrol diri sendiri. Caranya, hindari makan dalam porsi banyak. Ambillah makanan dengan piring kecil dan makan dengan perlahan.

Sebisa mungkin, jangan duduk dekat dengan meja makan atau tempat makanan agar Anda tak tergoda untuk menambah lagi dan lagi.

Kurangi gula

Putri salju, nastar, lapis legit, dan kue-kue lainnya adalah menu pencuci mulut yang ‘wajib’ saat Lebaran. Belum lagi minuman seperti es buah dan es campur yang menyegarkan.

Semuanya mengandung gula. Jika dikonsumsi berlebihan, bisa membuat berat badan meningkat dan tentunya tak baik untuk penderita kolesterol dan diabetes.

Kalori dua buah kue sagu keju, misalnya, memang hanya 46 kalori. Namun, biasanya orang akan memakannya terus-menerus hingga tak terasa sudah ludes setengah stoples. Jika demikian, bayangkan saja berapa kalori yang akan masuk ke tubuh?

Sarapan sebelum berkunjung ke rumah saudara

Sepulang salat Id, ada baiknya untuk sarapan terlebih dulu di rumah sebelum berkunjung ke tempat saudara. Pilihlah sarapan yang tinggi serat dan rendah kalori, misalnya oatmeal atau roti gandum.

Dengan begitu, Anda akan kenyang lebih lama sehingga tidak makan berlebihan saat berkunjung ke rumah saudara nantinya.

Kurangi makanan bersantan atau berlemak

Ketupat, opor ayam, dan sambal goreng ati memang bikin lidah bergoyang. Rasanya sayang jika dilewatkan begitu saja, bukan?

Namun, tahukah Anda bahwa 1 sdm santan bisa menyumbang 34 kalori! Jadi, ketika Anda sedang menyendok ketupat, gulai, dan opor, ingatlah untuk mengurangi porsinya.

Lebaran bukan berarti tubuh Anda ikut lebar-an. Tapi jika sudah terlanjur, yuk segera kembalikan tubuh Anda ke ukuran semula dengan mengonsumsi makanan pengganti yang tinggi protein, tinggi serat, dan mengandung Isomaltulosa. Minum dua kali sehari untuk menurunkan berat badan 1 kg/minggu, pastinya dengan diimbangi dengan pengaturan pola makan dan olahraga rutin. Selamat Idul Fitri!

[RS/ RH]