Mengapa Rumah Rawan Kuman di Musim Pancaroba?

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 13 Jul 2017, 14:06 WIB
Rumah merupakan tempat beristirahat setelah seharian beraktivitas. Jika kebersihannya diabaikan, maka akan rawan kuman pada musim pancaroba
Mengapa Rumah Rawan Kuman di Musim Pancaroba?

Klikdokter.com, Jakarta Pergantian musim menyebabkan lebih banyak kuman ditemukan di sekitar Anda. Hal ini membuat rumah rawan menjadi tempat penyebaran kuman. Bahkan jika diperhatikan, lebih banyak orang sakit saat musim pancaroba.

Pada umumnya, udara menjadi lebih lembap di musim pancaroba. Lingkungan yang lembab ideal untuk perkembangan jamur dan bakteri. Cuaca yang cenderung ‘basah’ membuat kuman lebih mudah menempel di tubuh Anda.

Lihat saja sepatu yang Anda kenakan untuk bepergian. Kotoran dan lumpur yang menempel akan memudahkan kuman untuk turut masuk ke dalam rumah Anda. Belum lagi alat-alat yang Anda gunakan untuk membersihkan rumah.

Perlengkapan untuk membersihkan rumah biasanya akan lebih sulit untuk benar-benar dapat dikeringkan karena udara yang lembap dan basah. Bila Anda menggunakannya untuk membersihkan rumah, bukan tak mungkin kuman semakin tersebar ke seluruh penjuru rumah.

Hal lain yang juga memungkinkan kuman menyebar di rumah adalah karena sampah. Ya, hujan yang turun terus-menerus terkadang memang menyulitkan Anda untuk membuang sampah ke luar. Padahal bila dibiarkan menumpuk, akan membuat kuman lebih mudah menyebar di dalam rumah.

Musim pancaroba menimbulkan genangan-genangan air, tidak hanya di luar rumah namun juga dalam area rumah. Pot tanaman yang indah menghias rumah malah dapat menjadi sumber genangan air ini.

Ingat, genangan air merupakan tempat yang disukai nyamuk sebagai tempat berkembang biak. Pada akhirnya ini akan menjadi sumber penyakit yang bisa dengan mudah berkeliaran bebas di dalam rumah.

Musim pancaroba kerap membuat rumah lebih rawan untuk persebaran kuman. Tapi jangan takut, bila Anda menjaga kebersihan rumah dengan maksimal, Anda bisa mencegah datangnya penyakt. Gunakanlah selalu cairan pembersih anti-kuman untuk membunuh kuman penyakit yang mungkin sudah tersebar dalam rumah anda.

(DA/ RH)