Agar Rumah Bebas Kuman Saat Musim Pancaroba?

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 13 Jul 2017, 20:16 WIB
Merawat rumah agar bebas dari kuman sangat penting, terlebih saat perubahan cuaca.
Agar Rumah Bebas Kuman Saat Musim Pancaroba?

Klikdokter.com, Jakarta Rumah sebagai tempat berkumpul seluruh keluarga perlu dijaga kebersihannya. Terlebih, di masa perubahan cuaca di mana banyak kuman berkembang biak dan kerap menimbulkan penyakit.

Berikut panduan merawat rumah agar bebas kuman yang bisa Anda coba:

  1. Pisahkan peralatan membersihkan rumah

    Banyak sekali peralatan yang dapat membantu Anda membersihkan rumah. Contohnya: sapu, pel, lap, kemoceng.

    Sebaiknya, segala peralatan membersihkan rumah ini dipisahkan antara peralatan untuk membersihkan rumah bagian luar dan dalam. Hal ini dapat membantu mencegah masuknya kuman dari luar ke dalam rumah.

  2. Pisahkan alas kaki

    Alas kaki membawa kuman dari manapun Anda datang. Karena itu alas kaki yang dipakai ke luar rumah sebaiknya dibuka di depan rumah dan tidak dibawa masuk ke dalam rumah.

    Sediakanlah rak sepatu khusus di area depan rumah untuk menyimpan alas kaki tersebut. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan alas kaki khusus yang hanya dipakai di dalam rumah.

  3. Perhatikan cara membersihkan rumah

    Cara membersihkan rumah mungkin berbeda-beda pada setiap orang. Namun tak ada salahnya membiasakan diri untuk menyapu rumah terlebih dahulu. Hal ini akan membantu membuang kotoran ke luar rumah. Setelah itu, dapat dilanjutkan dengan mengepel lantai.

    Pastikan penggunaan cairan disinfektan pada lantai agar terbebas dari kuman. Jika air untuk mengepel sudah terlihat keruh atau kotor, segera ganti dengan yang baru. Hal ini membantu mencegah persebaran kuman dari satu bagian rumah ke bagian lainnya.

Semoga hal-hal yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Bila rumah bersih, Anda beserta keluarga pun akan terhindar dari berbagai penyakit.

(DA/ RH)