Sedang Diet, Cukupkah Sarapan Hanya dengan Buah?

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 24 Jul 2017, 19:14 WIB
Anda yang sedang diet mungkin sering sarapan hanya dengan buah. Apakah tindakan ini dibenarkan secara medis?
Sedang Diet, Cukupkah Sarapan Hanya dengan Buah?

Klikdokter.com, Jakarta Menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat menuntun pelaku diet untuk mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mencapai ini, tidak sedikit yang mencoba untuk sarapan hanya dengan buah.

Buah memang terkenal memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang tinggi tapi rendah kalori. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang tergoda untuk sarapan hanya dengan buah.
Sarapan dengan buah memang sehat. Tapi, jika ini tidak dibarengi dengan menu lainnya, maka Anda berisiko untuk mengalami:

  1. Gangguan Pencernaan

    Terlalu banyak mengonsumsi buah diketahui bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Gejalanya dapat berupa perut kembung akibat terlalu banyak gas yang terbentuk, kram perut, diare hingga sembelit (konstipasi).

  2. Kurang Gizi

    Jika hanya mengonsumsi buah, Anda akan kekurangan asupan gizi terutama karbohidrat, protein, dan lemak. Hal ini karena
    sebagian besar buah hanya mengandung vitamin, mineral, dan serat.

  3. Lemas

    Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh. Apabila asupan ini kurang, maka Anda akan merasa lemas, mudah lelah, dan kurang berkonsentrasi seharian. Akibatnya, produktivitas Anda di tempat kerja atau sekolah dapat menurun.

  4. Berat Badan Bertambah

    Maksud hati ingin menurunkan berat badan dengan hanya mengonsumsi buah, namun yang terjadi malah sebaliknya. Hal ini bisa terjadi jika Anda mengonsumsi buah dalam porsi terlalu banyak, terutama buah-buah berkalori tinggi.
    Satu buah alpukat mengandung 320 kalori, pepaya mengandung 150 kalori, dan 680 gram anggur mengandung 230 kalori.

Meski sedang diet, menu sarapan Anda harus tetap seimbang. Karena itu, usahakan untuk mengonsumsi karbohidrat (roti atau serealia) dan protein (susu atau telur), yang ditambahkan dengan vitamin dan mineral dari buah. Dengan menjaga porsi makan tetap seimbang, diet Anda niscaya berhasil.

(NB/ RH)