Menyiasati Menu Sarapan Pagi yang Membosankan

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 25 Jul 2017, 06:21 WIB
Bosan dengan menu sarapan pagi yang itu-itu saja? Ini variasi menu yang bisa Anda coba sendiri.
Menyiasati Menu Sarapan Pagi yang Membosankan

Klikdokter.com, Jakarta Sarapan pagi merupakan makanan yang paling penting dalam sehari. Begitu pentingnya, hingga ada pepatah berbunyi “Makan pagi seperti raja, makan siang seperti pangeran, dan makan malam seperti pengemis”.

Pepatah tersebut diciptakan bukan tanpa alasan. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa sarapan pagi setiap hari mendatangkan berbagai manfaat kesehatan. Atas alasan ini, Anda dianjurkan untuk tidak melewatkan sarapan pagi setiap hari.

Cepat atau lambat, Anda pasti akan merasa bosan dengan menu sarapan pagi yang cenderung tidak bervariasi. Tenang, tidak perlu khawatir. Berikut contoh variasi menu sarapan pagi yang sehat dan tidak bikin bosan:

  1. Serealia dan Susu

    Selain lezat dan bergizi, menu ini akan menjadi penyelamat saat Anda sedang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sarapan.

    Cukup tuang serealia dan susu ke dalam mangkuk, ditambah dengan buah apel, pisang, atau alpukat. Jadilah sarapan sehat nan bergizi, yang siap hanya dalam waktu 5 menit.

  2. Variasi Telur

    Telur adalah protein yang sangat praktis dan dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Bisa ceplok, dadar, orak-arik, dicampur dengan daging maupun sayur, sama lezatnya! Selain mudah, telur juga mengandung berbagai nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral.

  3. Jus Buah

    Tambahan jus buah pada menu sarapan Anda akan membuat pagi Anda lebih segar dan berwarna. Anda dapat memilih jus jeruk, apel, alpukat, semangka, atau buah apa pun yang disuka.

    Untuk mendapatkan jus buah yang segar dan bergizi, Anda hanya tinggal bermodalkan blender. Ingatlah untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula ke dalam jus Anda.

  4. Roti Panggang

    Roti adalah salah satu menu sarapan pagi yang mudah ditemukan dan divariasikan. Tinggal masukkan roti ke dalam alat pemanggang, lalu oleskan topping yang Anda suka. Anda bisa mengoleskan selai cokelat, selai kacang, keju, buah alpukat, atau menambahkan telur ceplok dan sayuran.

  5. Salad Buah

    Anda bisa menyiapkan menu ini di malam sebelumnya, dan menyimpannya di kulkas. Ketika pagi tiba, Anda tinggal mengeluarkannya dari kulkas dan menyantapnya langsung.

    Campurkan berbagai buah kesukaan Anda, seperti semangka, alpukat, anggur, nanas, dan lainnya. Lalu, tambahkan madu atau yogurt. Nikmat, sehat, dan praktis!

Sekarang Anda sudah tahu variasi menu sarapan pagi untuk yang tidak bikin bosan, ‘kan? Anda boleh memvariasikan menu tersebut sesuai keinginan masing-masing. Namun pastikan porsinya tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit, ya!

(NB/ RH)