Benarkah Nyeri Sendi Sebabkan Kelumpuhan?

Oleh dr. Alvin Nursalim pada 26 Jul 2017, 12:51 WIB
Konon, nyeri sendi dapat menyebabkan kelumpuhan.Benarkah?
Benarkah Nyeri Sendi Sebabkan Kelumpuhan?

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri pada sendi dapat terjadi pada sendi lutut, sendi tulang belakang, bahkan sendi pada jari tangan sehingga dapat menurunkan mobilitas dan menyebabkan gangguan berjalan.

Untuk menangani nyeri sendi dengan optimal, dokter perlu mengetahui penyebab nyeri sendi terlebih dahulu. Nyeri sendi dapat disebabkan oleh proses penuaan (degenerasi), infeksi, dan trauma.

Selain penyebab, penanganan nyeri sendi juga harus disesuiakan dengan jenisnya. Berikut beberapa jenis nyeri sendi yang bisa Anda kenali:

  1. Osteoarthritis (OA)

    Gangguan sendi ini disebabkan oleh proses peradangan menahun dan biasanya terjadi pada usia tua. Salah satu faktor risiko terjadinya OA adalah kegemukan. Berat badan berlebih dapat memberikan beban pada kedua sendi, sehingga kedua sendi dapat mengalami kerusakan

  2. Arthritis septik

    Gangguan sendi ini terjadi karena infeksi pada sendi. Biasanya infeksi pada sendi dapat terjadi karena adanya kuman yang masuk ke dalam cairan sendi. Seorang dengan gangguan sendi ini akan mengeluhkan adanya nyeri sendi, pembengkakan sendi dan demam.

  3. Rheumatoid arthritis

    Gangguan sendi ini disebabkan oleh gangguan sistem imun dan biasanya menyerang kedua sisi sendi. Sendi akan mengalami pembengkakan, menjadi lebih kaku dan menyebabkan gangguan fungsi sendi. Selain itu penderitanya pun lebih sulit untuk berjalan.

Lalu bagaimana dengan nyeri sendi dan kelumpuhan? Benarkah serangan nyeri sendi dapat menyebabkan kelumpuhan? Jawabannya: Ya.

Pada berbagai gangguan sendi yang berat, sendi lutut menjadi begitu sulit digerakkan sehingga berjalan terasa bagaikan sebuah kemewahan. Bahkan pada peradangan sendi tulang belakang, penekanan saraf dapat menyebabkan gangguan hantaran saraf yang memicu gangguan motorik saat berjalan.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi peradangan sendi adalah dengan menggunakan suplementasi minyak krill yang mengandung omega 3 dan astaxanthin. Suplemen ini bermanfaat dalam mengurangi peradangan yang terjadi pada sendi Anda.

Karena itu, jika Anda menderita nyeri sendi, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan segera. Dengan demikian, kelumpuhan dapat dicegah dan Anda pun terhindar dari risiko cacat.

(DA/ RH)