Mengenal Alkylglycerols, Zat yang Bermanfaat untuk Kanker

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 26 Jul 2017, 12:42 WIB
Sejak dulu alkylglycerols telah digunakan sebagai obat antikanker. Mari kenali lebih dalam!
Mengenal Alkylglycerols,  Zat yang Bermanfaat untuk Kanker

Klikdokter.com, Jakarta Pernah mendengar tentang alkylglycerols? Zat ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk mencegah dan mengobati kanker.

Alkylglycerols dapat ditemukan secara alami dalam tubuh, seperti pada ASI, sumsum tulang belakang, hati, dan limpa—tetapi dalam jumlah sedikit. Dalam jumlah banyak, alkylglycerols terdapat dalam suplemen shark liver oil yang diminati saat ini.

Shark liver oil berasal dari organ hati hiu dan sudah banyak digunakan oleh para nelayan sejak 1916. Mereka menggunakan minyak ini sebagai penyembuh penyakit kulit, paru, dan beberapa jenis kanker.

Alkylglycerols bekerja melawan berbagai penyakit dengan menstimulasi sel-sel kekebalan tubuh untuk membunuh bakteri dan sel-sel yang rusak. Tak hanya itu, zat ini juga dapat melindungi membran sel sehingga mengurangi efek samping kemoterapi dan terapi antikanker lainnya.

Di samping alkylglycerols, terdapat kandungan lain pada shark liver oil yang berkhasiat sebagai antikanker. Mereka adalah squalamine dan squalene.

Squalamine dapat memperlambat pertumbuhan pembuluh darah yang menutrisi sel-sel tumor. Akibatnya, sel-sel tumor tidak mendapatkan nutrisi sehingga akhirnya mati.

Squalamine juga dipercaya mampu melawan kanker payudara, kanker paru, kanker otak, dan kanker kulit (terutama kanker melanoma).

Sementara itu, squalene merupakan antioksidan dan antibakteri. Zat ini melindungi sel-sel sumsum tulang yang masih normal dari pengaruh kemoterapi, tanpa mengurangi efek dari obat tersebut dalam mengobati kanker.

Alkylglycerols bersamaan dengan squalamine dan squalene dipercaya dapat mencegah penyebaran serta mengurangi efek samping pengobatan kanker. Ketiga kandungan ini dapat ditemukan dalam suplemen shark liver oil, yang banyak dijual di pasaran. Anda tertarik mencobanya?

[RS/ RH]