Cara Mengajari Anak Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 08 Agu 2017, 12:13 WIB
Yuk, ajak anak belajar Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), agar keluarga terlindung dari serangan penyakit.
Cara Mengajari Anak Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Klikdokter.com, Jakarta Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku sehat yang dilakukan dengan sadar. Tujuannya agar setiap anggota keluarga dapat menolong dirinya sendiri dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

Menjalankan PHBS dapat membantu Anda dan keluarga menjaga kesehatan. Karena itu, perilaku ini baik untuk diterapkan pada anak sejak dini. Lantas bagaimana cara mengajarkannya kepada anak?

Hal yang paling sederhana adalah dengan menjaga kebersihan diri. Ajarkan anak untuk mandi dengan air bersih dan sabun.

Tunjukkan pada anak cara membersihkan seluruh bagian tubuh saat mandi. Bagian tubuh tertentu, seperti ketiak, selangkangan, dan kaki, memerlukan perhatian khusus saat mandi dan tidak boleh terlewatkan.

Biasakan anak untuk selalu mencuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah bermain. Berikan contoh yang baik dengan selalu melakukan kegiatan ini, sehingga anak akan meniru kebiasaan mencuci tangan. Sediakan pula sabun khusus untuk mencuci tangan agar tidak mengiritasi kulit.

Anda juga perlu mengajarkan kepada anak perihal buang air harus selalu dilakukan di kloset, bukan wastafel atau di pinggir jalan. Hal ini penting supaya feses dibuang di tempat yang tepat, yaitu kloset, sehingga tidak memicu penyebaran kuman penyakit.

Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan lantai, toilet, atau permukaan lainnya yang berpotensi bersentuhan dengan kuman juga penting. Di akhir pekan, Anda bisa mengajak anak membersihkan area-area tersebut menggunakan cairan disinfektan.

Masih terkait PHBS, salah satu perilaku PHBS yang sering dilupakan adalah konsumsi sayur dan buah setiap hari. Beberapa anak memang sulit mengonsumsi sayur dan buah, tetapi ada banyak cara untuk menyiasatinya.

Bagaimana menyiasatinya? Anda bisa mengolah sayur atau buah menjadi bentuk yang menarik, dihancurkan menjadi sup atau jus, atau dibekukan menjadi es.

PHBS memang tampak sederhana, tetapi memiliki manfaat yang luar biasa. Dengan mengajarkan dan membiasakan anak menjalani PHBS, Anda telah turut berkontribusi melindungi anak dan keluarga dari serangan penyakit.

[BA/ RH]