Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi oleh si Kecil

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 09 Agu 2017, 13:44 WIB
Tak terasa si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan. Ini saatnya mempersiapkan beragam nutrisi penting untuknya.
Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi oleh si Kecil

Klikdokter.com, Jakarta Usia si Kecil sudah memasuki 6 bulan. Pada usia ini, ASI eksklusif saja tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Oleh karena itu, si Kecil mulai dapat diperkenalkan dengan makanan pendamping lainnya (MPASI).

Syarat Pemberian MPASI

Pada tahun 2003, WHO Global Strategy for Feeding Infant and Young Children merekomendasikan agar pemberian MPASI memenuhi empat syarat, yaitu:

  • Tepat waktu. MPASI harus diberikan tepat waktu saat ASI sudah tidak dapat dijadikan asupan utama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Enam bulan merupakan usia yang tepat untuk pemberian MPASI.

  • Memadai. MPASI harus memiliki kandungan energi, protein, lemak, serat, dan mikronutrien yang dapat memenuhi nutrisi si Kecil sesuai dengan usianya.

  • Aman. MPASI harus disiapkan dan disimpan dengan cara yang aman dan yang paling utama harus higienis.

  • Diberikan dengan cara yang benar. MPASI harus diberikan dengan memperhatikan kapan si Kecil memberikan sinyal rasa lapar dan kenyang.

Sumber Makronutrien & Mikronutrien

Makronutrien atau nutrisi utama yang harus terdapat pada MPASI adalah karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Sumber karbohidrat yang dapat Bunda berikan, antara lain nasi, jagung, dan kentang. Sedangkan sumber protein dapat diperoleh dari sayur-sayuran (bayam, brokoli, lentil, edamame) dan daging (ikan dan ayam tanpa kulit).

Pilihlah lemak yang berjenis lemak ‘baik’ untuk si Kecil, seperti minyak zaitun, minyak wijen, santan, dan daging tanpa lemak. Untuk kebutuhan serat, Bunda dapat memberikan aneka sayur yang bervariasi.

Sementara itu, mikronutrien yang sangat dibutuhkan pada MPASI adalah sebagai berikut:

  • Zat Besi

    Si Kecil yang berusia 6–12 bulan memerlukan zat besi sebanyak 11 mg per hari. Kebutuhan ini dapat dipenuhi sebanyak 0,2 mg per hari dari ASI, sedangkan sisanya diharapkan dapat diperoleh dari asupan MPASI. Sumber zat besi yang terbaik untuk si Kecil adalah bayam, daging merah, dan hati ayam.

  • Kalsium dan Vitamin D

    Si Kecil membutuhkan asupan kalsium sebanyak 700 mg per hari hingga usia 3 tahun. Sumber kalsium yang baik untuk si Kecil bisa didapatkan dari sayur-sayuran (bayam, brokoli, kubis), kacang-kacangan, ikan, keju, dan yoghurt. Sumber utama vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari maupun makanan seperti salmon, telur, yoghurt, dan jeruk.

  • Zink

    Zink dibutuhkan si Kecil untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga pertumbuhan tingginya sesuai dengan usia. Asupan zink per hari untuk si Kecil usia 7–12 bulan adalah 2,5 mg per hari. Sumber zink dapat diperoleh dari kacang-kacangan, daging, dan seafood.

  • Multivitamin

    Multivitamin yang dibutuhkan oleh si Kecil adalah vitamin A, E, dan C. Sumber vitamin A bisa didapatkan dari bayam, tomat, wortel, kuning telur, ikan, daging, dan hati ayam. Vitamin E dari sayur-sayuran hijau, telur, dan kacang-kacangan. Sementara itu, sumber vitamin C ada pada semua jenis buah, bayam, dan tomat.

Masa MPASI merupakan salah satu masa yang paling penting untuk si Kecil. Oleh karena itu, berikanlah nutrisi seimbang untuk si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal.

[RS/ RH]