Apa yang Terjadi saat si Kecil Terlambat Tumbuh Gigi?

Oleh drg. Martha Mozartha M.Si pada 15 Agu 2017, 09:00 WIB
Si Kecil tidak kunjung tumbuh gigi saat usianya menginjak 1 tahun? Mungkin ini sebabnya.
Apa yang Terjadi saat si Kecil Terlambat Tumbuh Gigi?

Klikdokter.com, Jakarta Tumbuh gigi adalah momen yang kerap dijadikan patokan optimal atau tidaknya tumbuh kembang si Kecil. Tak jarang, saat si Kecil belum juga tumbuh gigi ketika anak lain seusianya sudah, para Bunda mulai diliputi kecemasan,

Tenang, Bunda tidak perlu gundah. Sebab fase tumbuh kembang setiap si Kecil memang tidak sama. Jadi tidak perlu membandingkan tiap-tiap si Kecil. Bahkan gigi di sisi kanan dan kiri pun terkadang tidak keluar secara bersamaan.

Fase Tumbuh Gigi

Gigi yang pertama kali tumbuh adalah gigi seri bawah, yang diikuti dengan gigi seri rahang atas. Meski tak selalu pasti, rata-rata hal ini terjadi saat si Kecil berusia 6 bulan. Gigi seri atas bisa saja tumbuh terlebih dulu, baru diikuti oleh gigi seri rahang bawahnya.

Jika lewat dari enam bulan gigi si Kecil tak kunjung tumbuh, jangan langsung cemas. Para ahli kedokteran gigi anak menyebutkan bahwa gigi susu mungkin saja baru tumbuh saat usia si Kecil mendekati 1 tahun.

Jika usia si Kecil sudah melebihi 1,5 tahun dan belum ada satu pun gigi yang tumbuh, jangan ragu untuk membawa si Kecil ke dokter gigi. Hal yang ditakutkan adalah agenesis, di mana tidak ada satu pun benih gigi yang ditemukan. Ini memerlukan pemeriksaan radiografi.
Adapun kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan si Kecil mengalami gangguan tumbuh gigi, adalah:

  1. Gizi tidak mencukupi

    Si Kecil memiliki benih gigi susu, namun tidak kunjung tumbuh. Kondisi ini disebabkan oleh gizi yang tidak mencukupi dan kebiasaan memberikan makanan yang dilumatkan pada si Kecil.

    Sebagai solusinya, Bunda bisa memberikan camilan bergizi yang sekaligus bisa menstimulasi pertumbuhan gigi, seperti buah, sayur, kentang, dan biskuit khusus untuk si Kecil.

  2. Kelainan kelenjar tiroid

    Selain itu, terlambat tumbuh gigi susu juga dapat terjadi akibat kelainan kelenjar tiroid (hipotiroidisme kongenital). Bila tidak diketahui dan diobati sejak dini, kelainan ini bisa berakibat pada gangguan pertumbuhan dan perkembangan seperti retardasi mental (mental retardation) dan gangguan pertumbuhan (dwarfism).

  3. Kekurangan hormon pertumbuhan

    Keterlambatan tumbuh gigi dapat menjadi ciri khas si Kecil yang kekurangan hormon pertumbuhan. Ini biasanya diakibatkan oleh kelainan kelenjar yang ada di otak (pituitary).

Jangan ragu untuk berkonsultasi secara berkala pada dokter. Jangan sampai Bunda tidak menyadari bahwa keterlambatan tumbuh gigi pada si Kecil adalah akibat dari kondisi yang tidak pernah Bunda duga sebelumnya.

(NB/ RH)