Benarkah Biskuit Merangsang Pertumbuhan Gigi si Kecil?

Oleh drg. Martha Mozartha M.Si pada 15 Agu 2017, 11:10 WIB
Untuk merangsang pertumbuhan gigi si Kecil, biskuit disebut-sebut sebagai salah satu makanan yang dapat dijadikan solusinya.
Benarkah Biskuit Merangsang Pertumbuhan Gigi si Kecil?

Klikdokter.com, Jakarta Pertumbuhan gigi susu pada si Kecil merupakan proses yang kompleks, melibatkan berbagai mekanisme dalam tubuh, serta dipengaruhi berbagai faktor. Salah satu faktor yang diduga berperan adalah mengonsumsi biskuit.

Normalnya, gigi susu akan tumbuh saat anak berusia enam bulan. Pada usia ini, si Kecil dianggap sudah mencapai tahap tumbuh kembang yang pas untuk mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI).

MPASI dan Pertumbuhan Gigi

Pemberian makanan pendamping ASI penting bagi si Kecil. Sebab gerakan mengunyah turut merangsang pertumbuhan gigi dan tulang rahang, asalkan diberikan dengan langkah-langkah yang tepat.

Bagaimana langkah-langkahnya?

  • Sebelum memberi makanan bertekstur keras atau makanan padat, mulailah dengan memberi makanan yang lunak terlebih dulu. Ini karena sebelumnya si Kecil hanya mengonsumsi ASI, sehingga butuh adaptasi untuk melakukan gerakan menelan makanan yang teksturnya berbeda.

  • Sebagai permulaan, si Kecil dapat diberikan makanan lunak seperti biskuit yang dilumatkan dengan air. Ini untuk mendukung si Kecil yang baru belajar mengunyah, serta memperkecil risiko tersedak.

  • Pilih biskuit yang sehat agar nutrisi si Kecil tercukupi. Setelah si Kecil terbiasa mengunyah dan lancar menelan, berikan biskuit yang tidak dilunakkan. Bunda dapat menyajikannya dalam bentuk potongan-potongan kecil, sebelum membiarkan si Kecil memegang dan menggigit sendiri biskuitnya.

  • Pastikan biskuit yang Bunda berikan dikunyah oleh si Kecil, tidak mengemut. Hal ini penting, karena kebiasaan mengemut makanan meningkatkan risiko gigi rusak akibat karies gigi. Bunda bisa memberikan biskuit yang mudah lumer jika terkena air liur.

  • Saat usia si Kecil mendekati 1 tahun, mulailah beralih ke makanan bertekstur agak keras dan padat. Jika terus diberikan makanan lunak, si Kecil akan kurang mengunyah sehingga kurang merangsang pertumbuhan gigi dan tulang rahang.

Kesimpulannya, biskuit memang dapat merangsang pertumbuhan gigi si Kecil. Namun untuk ini, Bunda harus benar-benar memerhatikan teknik pemberiannya. Tidak boleh salah langkah, ataupun terlalu terburu-buru. Salam sehat!

(NB/ RH)