Makanan Tekstur Lembut Hambat Pertumbuhan Gigi si Kecil?

Oleh drg. Martha Mozartha M.Si pada 15 Agu 2017, 12:13 WIB
Makanan tekstur lembut diduga menjadi penghambat pertumbuhan gigi si Kecil. Apa kata medis?
Makanan Tekstur Lembut Hambat Pertumbuhan Gigi si Kecil?

Klikdokter.com, Jakarta Hingga usia enam bulan, gizi si Kecil dapat tercukupi hanya dengan ASI. Namun setelah berusia di atas enam bulan, si Kecil membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI). Pemilihan makanan ini turut memengaruhi tumbuh kembang, termasuk pertumbuhan gigi dan rahang.

Pada saat baru lahir, gerakan mulut si Kecil terbatas hanya menghisap dan menelan. Di usia enam bulan –yang merupakan masa peralihan dari ASI ke makanan lunak–biasanya gigi susu si Kecil mulai tumbuh.

Di saat yang sama, si Kecil juga mulai mengembangkan kemampuan untuk menggerakkan lidah guna membantu proses mengunyah serta menelan.

Proses mengunyah adalah aktivitas motorik, yang melibatkan berbagai struktur di dalam rongga mulut. Karena aktivitas ini membutuhkan kerja sama antara gigi geligi, lidah, otot mengunyah, tulang dan sendi rahang.

Si Kecil mampu membuat pergerakan mengunyah yang terkoordinasi saat mencapai usia 9 bulan. Ini berarti di usia 6–9 bulan konsistensi makanan pelan-pelan harus ditingkatkan, dari lembut menjadi semakin padat.

Pemberian makanan yang dilumatkan secara terus-menerus akan membuat si Kecil malas mengunyah. Padahal gerakan mengunyah turut merangsang pertumbuhan gigi, dan menguatkan otot-otot yang ada di dalam rongga mulut.

Tak hanya itu. Pengenalan makanan bertekstur padat juga penting untuk melatih dan menguatkan lidah, yang berperan dalam pelafalan huruf dan pengucapan kata.

Tekstur Makanan vs Mitos

Ada si Kecil yang telah berusia lebih dari enam bulan tapi belum tumbuh gigi. Hal ini menimbulkan mitos, yang menyebutkan bahwa si Kecil yang belum tumbuh gigi jangan diberi makanan bertekstur. Tahukah Bunda bahwa ini tidak benar?

Si Kecil dapat mengolah makanan meski giginya terlambat tumbuh. Gerakan mengunyah yang dilakukan oleh si Kecil justru akan merangsang pertumbuhan giginya.

Pada saat gigi geraham sulung sudah tumbuh –yaitu saat usianya sekitar 12–18 bulan–si Kecil sudah mulai dapat diberikan makanan dengan potongan yang lebih besar dan dibiarkan belajar untuk makan sendiri.

Jadi sekarang Bunda sudah tahu fakta di balik makanan tekstur lembut dan pertumbuhan gigi si Kecil, bukan? Jangan lupa untuk memastikan kesehatan rongga mulut si Kecil dengan membawanya ke dokter gigi secara berkala.

(NB/ RH)