Roti Putih vs Roti Gandum, Mana yang Lebih Sehat?

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 24 Agu 2017, 07:05 WIB
Untuk sarapan sehat, lebih baik makan roti putih atau roti gandum?
Roti Putih vs Roti Gandum, Mana yang Lebih Sehat?

Klikdokter.com, Jakarta Kebanyakan orang lebih menyukai roti putih ketimbang roti gandum. Alasannya karena lebih enak, lebih mudah didapat, dan harganya pun lebih murah. Berbeda dengan roti gandum yang teksturnya lebih kasar dan harganya pun lebih mahal.

Meskipun banyak ‘kekurangan’, roti gandum sebenarnya memiliki efek yang lebih baik untuk tubuh ketimbang roti putih yang menjadi favorit banyak orang. Apa saja manfaatnya?

Nutrisi Lebih Lengkap
Proses pembuatan gandum menjadi tepung terigu untuk membuat roti putih diketahui dapat menurunkan kadar gizi. Sementara itu, roti gandum tidak melalui banyak proses sehingga gizinya lebih lengkap dan tinggi dibandingkan roti putih.

Tinggi Serat
Roti gandum memiliki kandungan serat yang lebih banyak ketimbang roti putih. Serat penting bagi kesehatan pencernaan dan kelancaran buang air besar.

Bagus untuk Diet
Roti gandum memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang sedikit lebih rendah daripada roti putih. Oleh karena itu, roti gandum cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

Menurunkan Risiko Penyakit
Berdasarkan berbagai jurnal yang telah dipublikasikan, konsumsi gandum utuh dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit, antara lain kolesterol tinggi, diabetes tipe-2, dan penyakit jantung.

Cukup banyak, kan, manfaat dari roti gandum? Walau demikian, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi roti putih lagi. Namun jika ada kesempatan, akan lebih baik jika Anda memilih roti gandum.

[RS/ RH]