Kiat Nyaman Menyusui di Tempat Umum

Oleh dr. Grace Valentine pada 24 Agu 2017, 10:01 WIB
Menyusui di tempat umum tak harus ribet atau bikin risih. Berikut kiat-kiatnya untuk Anda.
Kiat Nyaman Menyusui di Tempat Umum

Klikdokter.com, Jakarta Banyak ibu merasa malu saat harus menyusui di tempat umum. Alasannya macam-macam, mulai dari tak nyaman hingga trauma karena pernah mendapat perlakuan negatif.

Padahal, seorang ibu berhak menyusui kapanpun dan di manapun saat bayi lapar. Memang menyusui di tempat umum tidak mudah untuk dilakukan, apalagi jika tempat yang Anda kunjungi tidak memiliki ruang menyusui.

Untuk kenyamanan menyusui di tempat umum, berikut kiat-kiat yang dapat Anda terapkan:

  • Pilih pakaian yang memudahkan akses ke payudara, seperti atasan dengan kancing atau ritsleting yang mudah dibuka di bagian dada.
  • Gunakan kain penutup setinggi bahu untuk menutupi payudara.
  • Gendong bayi dengan sling atau carrier bayi yang lembut selama menyusui. Hal ini membantu membuat bayi merasa nyaman dan tenang dalam dekapan.
  • Saat berada di tempat umum, waspadalah dengan tanda-tanda yang ditunjukkan oleh bayi saat ia merasa lapar. Segera susui saat bayi lapar. Jangan ditunda-tunda sampai bayi menangis keras.
  • Gunakan ruang menyusui bila tersedia. Bila Anda berada di tempat ramai dan tidak punya ruang menyusui, cobalah untuk duduk. Bila mungkin, cari tempat yang dapat memberi sedikit privasi. Sebaiknya hindari menyusui di toilet karena dapat membuat Anda dan bayi tidak nyaman.
  • Berlatih menyusui di rumah dengan menggunakan penutup sehingga Anda dan bayi merasa nyaman. Hal tersebut juga akan memudahkan dan memperlancar gerakan Anda saat menyusui di tempat umum.

Anda tidak perlu merasa tidak nyaman saat menyusui bayi di tempat umum. Menyusui bayi adalah hal yang alami. Bila seseorang memperhatikan, balaslah pandangannya sambil tersenyum sehingga mereka mengalihkan pandangan dari Anda.

[RS/ RH]