5 Makanan Penghilang Rasa Mual di Awal Kehamilan

Oleh dr. Grace Valentine pada 24 Agu 2017, 10:04 WIB
Atasi keluhan mual dan muntah saat hamil dengan makanan berikut.
5 Makanan Penghilang Rasa Mual di Awal Kehamilan

Klikdokter.com, Jakarta Mual dan muntah sering kali dirasakan wanita pada awal kehamilan. Namun, tak hanya pada trimester pertama, kondisi ini dapat juga berlanjut sampai trimester kedua. Bahkan ada yang mengalaminya hingga melahirkan.

Untuk membantu meredakan mual dan muntah, dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil dan sering (setiap 2–3 jam) karena lambung yang kosong akan memperburuk keluhan. Kadar gula darah juga dapat terjaga dengan kebiasaan ini.

Makanlah secara perlahan dan kunyah makanan secara sempurna. Sediakan camilan kecil untuk dikonsumsi sepanjang hari.

Lalu, makanan apa saja yang dapat membantu mengatasi mual dan muntah selama awal kehamilan? Berikut di antaranya:

  1. Makanan yang hangat dan berkuah: sup ayam, kaldu sapi, kentang rebus.
  2. Makanan yang kaya vitamin B6: serealia gandum (oatmeal, beras coklat), telur, kacang kedelai, kuaci, kacang pistacio, tuna, buah kering kentang, ayam
  3. Jahe. Dapat dikonsumsi dalam bentuk teh jahe, wedang jahe, atau permen jahe.
  4. Lemon dan teh peppermint. Lemon dapat dikonsumsi dengan lemon infused water, air perasan lemon, atau dengan menghirup aroma lemon.
  5. Biskuit.

Hubungi dokter bila mual dan muntah terjadi terus-menerus sehingga makanan atau minuman tidak dapat masuk (hiperemesis gravidarium).

Kondisi itu dapat menyebabkan penurunan berat badan, dehidrasi, tekanan darah rendah, dan sebagainya. Ini tak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, tetapi juga membahayakan janin.

Selain mual dan muntah, gejala dari hiperemesis gravidarium juga meliputi sakit kepala, jantung berdebar, dan sensitif terhadap aroma.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksakan kandungan secara teratur. Dengan demikian, setiap gangguan dapat dikenali sedini mungkin, serta ditangani dengan cepat dan tepat.

Semoga keluhan mual dan muntah Anda segera membaik, ya!

[RS/ RH]