Usia Kehamilan yang Tepat untuk Konsumsi Susu Hamil

Oleh dr. Grace Valentine pada 24 Agu 2017, 10:36 WIB
Susu dapat menunjang tumbuh kembang tulang janin serta kesehatan wanita hamil. Lalu, kapan wanita hamil perlu minum susu hamil?
Usia Kehamilan yang Tepat untuk Konsumsi Susu Hamil

Klikdokter.com, Jakarta Asupan kalsium, termasuk dari susu, sangat penting selama kehamilan dan menyusui. Tak hanya dibutuhkan untuk tumbuh kembang tulang janin, tetapi juga krusial untuk kesehatan wanita hamil.

Kadar kalsium yang memadai diyakini dapat membantu mengurangi rasa pegal selama kehamilan. Oleh karena itu, nasihat yang sering diberikan pada wanita hamil adalah untuk mengonsumsi susu yang cukup selama kehamilan.

Wanita hamil membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium selama kehamilan, wanita hamil dianjurkan untuk minum tiga gelas susu sehari.

Atau bisa juga dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium, seperti yoghurt, keju, sayuran hijau (bayam, kale), kacang almon, dan jus yang terfortifikasi dengan kalsium.

Penelitian klinis menunjukkan, wanita hamil yang mengonsumsi susu selama kehamilan memiliki kehamilan yang lebih baik. Sementara itu, wanita hamil yang mengonsumsi satu atau kurang dari segelas susu sehari berisiko lebih tinggi memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah.

Berdasarkan hal tersebut, wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi susu hamil sejak awal kehamilan.

Dalam memilih susu hamil yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Cermatilah kandungan gizi di dalamnya, lengkap atau tidak. Susu hamil yang baik memiliki kalsium, protein, vitamin D, asam folat, AHA, DHA, dan besi.

Selain itu, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi susu yang telah melewati proses pasteurisasi atau sterilisasi dalam suhu tinggi (biasanya ada label “telah dipasteurisasi” pada kemasan). Proses tersebut membantu mengurangi jumlah kuman pada susu tersebut sehingga lebih aman.

[RS/ RH]