Cara Mengobati Flu Lewat Isi Dapur Anda

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 08 Sep 2017, 15:30 WIB
Tak harus dengan obat, bahan-bahan alami ini juga dapat mengatasi flu Anda.
Cara Mengobati Flu Lewat Isi Dapur Anda

Klikdokter.com, Jakarta Flu memang bukan penyakit gawat darurat, tetapi tetap saja bikin tak nyaman. Hidung mampat, pusing, dan tidak nafsu makan tentunya membuat produktivitas Anda menurun.

Sebenarnya flu dapat sembuh sendiri dalam 1–2 minggu walau tanpa pengobatan. Karena itu, penanganan flu umumnya bersifat meredakan gejala saja. Misalnya, untuk menurunkan demam digunakan parasetamol.

Selain obat-obatan di apotek, bahan-bahan alamiah di dapur Anda dapat diolah menjadi makanan yang dapat membantu meredakan gejala flu, bahkan mempercepat penyembuhannya. Apa sajakah isi dapur yang berguna itu?

  1. Sup ayam

    Sup ayam hangat mungkin merupakan makanan wajib saat sedang sakit, tetapi bukan tanpa alasan yang jelas. Bahan utamanya sendiri, ayam, mengandung vitamin B6 yang baik untuk pembentukan sel darah merah dan reaksi kimia dalam tubuh.

    Sementara itu, kaldu dalam masakan ini kaya gelatin dan kolagen yang baik untuk daya tahan tubuh. Kandungan asam amino dalam sup ayam juga membantu meredakan peradangan.

    Cara memasaknya yang biasa ditambah dengan sayur-sayuran membuat masakan ini tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga sangat sehat.

  2. Teh

    Teh, terutama teh hijau, mengandung antioksidan yang kuat sehingga membantu mendongkrak sistem imun. Selain itu, kandungan katekin di dalamnya terbukti dapat membunuh virus penyebab influenza. Meminum secangkir teh panas memberikan kehangatan dan rasa nyaman saat tenggorokan iritasi dan meradang.

  3. Kunyit

    Siapa sangka, bumbu dapur satu ini mengandung banyak antioksidan dan zat anti- inflamasi. Efeknya, kunyit dapat melawan batuk, pilek, dan hidung mampat. Jangan ragu memasak kari dengan banyak kunyit saat terserang flu!

  4. Bayam

    Bayam kaya sekali akan vitamin C, antioksidan, dan beta-karoten. Tidak heran jika sayuran ini dapat melawan infeksi dalam tubuh. Agar kandungan nutrisinya tidak hilang, hindarilah terlalu lama memasak bayam.

  5. Jahe

    Jahe membantu mengatasi peradangan sehingga sangat baik dikonsumsi saat sakit tenggorokan. Rasanya yang pedas dan hangat pun dapat memberikan Anda kenyamanan.

Jika Anda terserang flu, coba olah bahan-bahan makanan di atas sebagai pengobatan alami. Anda pun tak perlu repot lagi mencari obat untuk meredakan gejalanya.

Untuk mencegah dan mengatasi flu, penting juga bagi Anda untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. Lakukan pembersihkan secara rutin, tak perlu menunggu sampai rumah jadi sarang debu dahulu. Memilih pembersih yang baik juga krusial karena membersihkan dengan air saja tidak cukup untuk membunuh kuman-kuman tak terlihat.

[RS/ RH]