Cara Cepat Sembuhkan Flu saat Musim Hujan

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 08 Sep 2017, 15:34 WIB
Musim hujan sangat identik dengan penyakit flu. Jika sudah terkena, bagaimana caranya agar cepat sembuh?
Cara Cepat Sembuhkan Flu saat Musim Hujan

Klikdokter.com, Jakarta Flu merupakan penyakit langganan saat musim hujan yang disebabkan virus. Karena biang keladinya virus, obat-obatan seperti antibiotik tidak berguna untuk memulihkan penyakit ini.

Bahkan, sebenarnya tanpa pengobatan pun gejala flu akan hilang dalam 1–2 minggu. Meski hanya semingguan, tetap saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bukan?

Jangan khawatir, ada beberapa jurus ampuh untuk mempercepat penyembuhan flu. Berikut adalah enam caranya:

  • Cukup minum

    Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan mencukupi kebutuhan air minum. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat membantu meredakan gejala flu, termasuk mengencerkan dahak yang kental.

    Berbagai macam cairan dapat Anda minum, yang paling mudah adalah air putih hangat. Selain itu, coba juga teh jahe atau jus buah untuk tambahan vitamin dan antioksidan.

  • Terapi uap

    Kelembapan udara ternyata membantu meredakan gejala flu. Jadi, saat mengonsumsi minuman panas, hiruplah uap dari minuman tersebut. Anda juga bisa mencoba mandi air panas.

    Cara sederhana lainnya? Isi baskom dengan air panas, lalu posisikan kepala Anda di atas baskom. Untuk hasil yang lebih efektif, tutupi kepala dan baskom dengan kain atau tambahkan minyak esensial pada air panas.

  • Makan sehat

    Saat flu, cobalah konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, vitamin, dan zat-zat lainnya agar flu cepat mereda.

    Misalnya, dengan memasak menggunakan bumbu jahe, bawang putih, dan kunyit. Sumber protein seperti ayam dan ikan berlemak (tuna atau salmon) juga sangat baik untuk melawan flu.

  • Kumur dengan air garam

    Jika flu disertai radang tenggorokan, cobalah kumur-kumur dengan air garam. Cara membuat larutannya sangat mudah: campur ¼ hingga ½ sdt garam dengan segelas air hangat. Aduk hingga garam terlarut, lalu berkumurlah dengan air garam ini.

  • Istirahat

    Terakhir, jangan lupa untuk cukup beristirahat. Tubuh Anda perlu tombol pause agar dapat sembuh. Saat flu, hindari lembur. Setelah pulang kerja, jangan menyibukkan diri dengan menonton televisi atau bermain handphone. Langsung menuju kamar dan tidurlah.

  • Jaga kebersihan rumah dan lingkungan

    Ingin flu Anda cepat sembuh? Perhatikan juga kebersihan rumah maupun lingkungan Anda. Sia-sia saja makan sehat dan istirahat cukup jika kamar tidur Anda penuh kuman. Selain itu, dalam membersihkan rumah, pastikan pembersih yang Anda gunakan benar-benar dapat menyapu kuman dengan baik. Ingatlah juga, membersihkan rumah dengan air saja tidak cukup untuk membasmi kuman-kuman yang tak terlihat.

Demikian beberapa kiat sederhana untuk menangani flu saat musim hujan. Silakan diterapkan jikalau Anda terjangkit flu.

[RS/ RH]