Cabai Rawit Sembuhkan Ambeien, Mitos atau Fakta?

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 08 Sep 2017, 15:38 WIB
Cabai rawit dipercaya mampu sembuhkan ambeien. Ketahui fakta sebenarnya berikut ini. r
Cabai Rawit Sembuhkan Ambeien, Mitos atau Fakta?

Klikdokter.com, Jakarta Sejak lama, masyarakat Indonesia meyakini cabai rawit bisa mengecilkan dan menghilangkan ambeien. Hal ini ternyata hanyalah mitos.

Ambeien terjadi karena pembuluh darah vena di anus melebar dan mengalami peradangan. Hal ini dicetuskan karena buang air besar yang terlalu keras atau terlalu lama mengejan. Cabai rawit tak mampu menyembuhkan pelebaran dan peradangan pembuluh darah di anus tersebut.

Berbagai penelitian di dunia juga dilakukan untuk mengetahui apakah cabai berpengaruh terhadap ambeien. Salah satunya adalah penelitian di Italia yang melibatkan puluhan orang penderita ambeien.

Para respondendiberikan kapsul berisi bubuk cabai setiap hari dan dilakukan pemeriksaan berkala terhadap ambeien yang dialami. Hasil penelitian yang dipublikasikan melalui The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa mengonsumsi cabai tak berpengaruh terhadap ambeien.

Untuk mengatasi ambeien, hindari hal-hal yang dapat membuat buang air besar keras, seperti duduk terlalu lama dan makan kurang serat. Sebaliknya, penderita ambeien dianjurkan untuk minum banyak air putih (1.5–2 liter per hari), makan banyak sayur dan buah, rutin berolahraga, dan tidak menahan buang air besar.

Selain itu, penggunaan temulawak dan daun wungu juga dapat membantu mengatasi keluhan yang ditimbulkan akibat ambeien. Temulawak terbukti dapat menangani perdarahan pada ambeien, sedangkan daun wungu memiliki efek antiradang yang bermanfaat mengurangi nyeri dan bengkak pada ambeien.

Hal-hal tersebut akan membantu menghilangkan gejala dan mengecilkan ambeien. Jadi mulai sekarang, mitos cabai rawit mampu sembuhkan ambeien tidak perlu Anda percaya lagi.

[RS/ RH]