4 Penyebab Penyakit Jantung pada Usia Muda

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 08 Sep 2017, 15:41 WIB
Akhir-akhir ini banyak kejadian penyakit jantung terjadi pada orang usia muda. Kenali penyebabnya!
4 Penyebab Penyakit Jantung pada Usia Muda

Klikdokter.com, Jakarta Di Indonesia, lebih dari 20% penyakit jantung dialami oleh orang berusia di bawah 40 tahun, dan tak jarang menyebabkan kematian mendadak. Meski demikian, tak semua orang berusia muda berisiko mengalami penyakit jantung. Berikut ini empat hal yang mencetuskan sakit jantung pada usia muda:

  1. Paparan asap rokok

    Asap rokok telah terbukti menjadi penyebab utama serangan jantung pada usia muda. Orang yang memiliki kebiasaan merokok atau terpapar dengan asap rokok sepanjang hari ternyata berisiko tiga kali lipat untuk mengalami serangan jantung.

  2. Obesitas

    Obesitas yang terjadi mulai saat anak dan remaja secara perlahan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah jantung. Bila sumbatan di pembuluh darah ini lepas, dapat terjadi serangan jantung yang berujung pada kematian mendadak.

  3. Penyakit autoimun

    Salah satu penyakit autoimun yang bisa menyebabkan penyakit jantung adalah penyakit Kawasaki. Penyakit ini menyebabkan peradangan pembuluh darah, termasuk di jantung. Bila mengenai pembuluh darah jantung, penderitanya dapat mengalami serangan jantung atau gangguan otot jantung dalam memompa darah (gagal jantung).

  4. Riwayat penyakit jantung dalam keluarga

    Seseorang yang memiliki keluarga dengan penyakit jantung lebih rentan mengalami penyakit serupa.

Keempat hal tersebut dapat menjadi penyebab penyakit jantung pada usia muda. Namun, faktor pemicu utamanya dapat berbeda-beda pada setiap orang. Hal yang pasti, paparan asap rokok dan obesitas adalah penyebab yang dapat dicegah. Oleh karena itu, jauhkan diri Anda dari paparan asap rokok dan jaga berat badan tetap ideal.

Di samping itu, penting pula untuk menerapkan gaya hidup sehat sejak masih muda, seperti:

  • Berolahraga teratur minimal 5 kali per minggu, minimal 30 menit per sesi.
  • Memperbanyak asupan sayur dan buah.
  • Mengonsumsi makanan yang tinggi omega-3, seperti salmon, tuna, dan kedelai. Suplemen krill oil juga merupakan alternatif sumber omega-3 yang baik.
  • Tidur 6–8 jam pada malam hari.

Mari, cegah penyakit jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak usia muda!

[RS/ RH]

pinguin12pinguin12

bagaimana paparan asap rokok dan asap kayu bakar untuk memasak air yah apa bedanya?