Bolehkah Mengganti Susu Hamil dengan Susu UHT?

Oleh dr. Grace Valentine pada 11 Sep 2017, 15:53 WIB
Pilih susu khusus ibu hamil atau susu UHT? Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangannya?
Bolehkah Mengganti Susu Hamil dengan Susu UHT?

Klikdokter.com, Jakarta Tak semua wanita hamil menyukai susu khusus ibu hamil. Sebagai gantinya, sebagian wanita lebih memilih meminum susu UHT. Pertanyaannya, apakah susu UHT baik untuk wanita hamil?

Susu UHT dibuat dari susu sapi segar pilihan yang diolah dengan suhu tinggi dan waktu singkat (135–145º C, selama 2–5 detik). Proses ini membuatnya ampuh membunuh semua mikroba pembusuk dan mikroba patogen penyebab penyakit.

Di samping itu, waktu pemanasan yang singkat bertujuan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta mendapatkan warna, aroma, dan rasa yang relatif tidak berubah seperti aslinya. Susu ini dapat disimpan setidaknya 6 minggu.

Susu UHT terdiri atas beberapa tipe, yaitu susu murni (whole milk) dan susu rendah lemak (skim milk). Apa perbedaannya?

  • Whole milk mengandung 3,25% lemak susu, protein, karbohidrat, vitamin larut air, dan mineral. Satu gelas susu ini mengandung 149 kalori dan 5 gr lemak tersaturasi (20% kebutuhan harian lemak). Kadar lemak jenuhnya yang tinggi harus diwaspadai karena konsumsi berlebihan tidak baik untuk kehamilan.

  • Skim milk mengandung 0,5–1% lemak tersaturasi dan zat gizi lain. Perbedaannya adalah jumlah vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E, C lebih rendah. Satu gelas susu ini mengandung 83 kalori dan 305 mg kalsium.

Karena whole milk memiliki lemak jenuh yang tinggi, skim milk merupakan pilihan yang lebih sehat untuk wanita hamil.

Para ahli kesehatan mengatakan wanita hamil boleh-boleh saja mengonsumsi susu UHT. Mereka berpendapat, banyak kelebihan susu UHT yang dapat diperoleh ketika meminumnya dengan porsi yang tepat.

Porsi yang tepat di sini maksudnya adalah tidak mengonsumsi terlalu banyak dan diselingi dengan minum susu hamil yang rendah lemak. Ibu hamil yang mengonsumsi susu UHT juga harus meminum suplemen kehamilan.

Penting untuk memilih susu UHT yang memang sesuai dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil. Pastikan susu UHT tersebut kaya akan asam folat, besi, dan kalsium—tiga zat gizi yang sangat penting bagi ibu hamil. Serta pilih susu UHT yang low-fat ketimbang full-cream.

Lalu, bagaimana dengan susu khusus ibu hamil? Komposisi gizi susu hamil pastinya dirancang khusus untuk wanita hamil, ditambah mineral asam folat dan asam lemak esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan janin. Sehingga kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil dan janin tetap terpenuhi dengan baik.

Sekarang pilihannya ada di tangan Anda. Tapi ingat, sesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan selera Anda, apakah harus meminum susu hamil atau susu UHT.

[RS/ RH]