Nyeri Sendi dan Jari Kaku, Adakah Hubungannya?

Oleh dr. Alvin Nursalim pada 12 Sep 2017, 11:45 WIB
Pernahkah Anda mengeluhkan nyeri pada sendi dan jari kaku? Temukan hubungan keduanya di sini.
Nyeri Sendi dan Jari Kaku, Adakah Hubungannya?

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri sendi adalah keluhan yang terbilang umum. Namun pernahkah Anda merasakannya bersamaan denganjari yang terasa kaku? Waspadalah, karena kedua gejala tersebut bisa jadi merupakan bagian dari penyakit Rheumatoid arthritis.

Rheumatoid arthritis merupakan penyakit peradangan sendi kronik yang melibatkan banyak sendi. Biasanya, sendi yang etrlibat bersifat simetris daan banyak melibatkan sendi kecil, seperti sendi jari tangan.

Penyakit ini termasuk dalam gangguan autoimmune, di mana sistem imunitas menyerang sel tubuh sendiri. Peradangan yang terjadi dapat menghancurkan tulang kartilago hingga merusak struktur tulng.

Siapa saja yang berisiko terserang Rheumatoid arthritis? Ternyata, wanita lebih rentan terhadap penyakit ini dibandingkan pria dengan usia puncak berkisar antara 40–60 tahun. Begitu juga dengan mereka yang memiliki kebiasaan merokok.

Peradangan yang terkait dengan Rheumatoid arthritis bisa menyebabkan kerusakan pada sendi, sehingga sendi akan terasa nyeri dan kaku. Selain itu juga dapat ditemukan gejala lain, seperti:

  • Sendi terasa hangat, dan bengkak
  • Kekakuan sendi biasanya terasa lebih berat pada pagi hari
  • Demam dan penurunan berat badan
  • Perubahan bentuk sendi

Bisakah Rheumatoid arthritis disembuhkan? Sayangnya, tidak dapat disembuhkan. Tapi jangan langsung panik, sebab penanganan dengan pengobatan steroid, NSAID dan Disease-modifying antirheumatic drugs (DMARD) bisa membantu. Obat-obatan tersebut dapat menurunkan gejala yang dirasakan dan memperlambat kerusakan sendi.

Jika Anda mengalami keluhan nyeri sendi dan jari terasa kaku, khususnya di pagi hari, segera kunjungi dokter. Diagnosis sejak dini dan penanganan yang tepat dapat membantu menurunkan risiko kerusakan sendi yang lebih lanjut.

(DA/ RH)