Memilih Pil KB yang Tepat untuk Penderita Migrain

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 12 Sep 2017, 12:01 WIB
Pemilihan pil KB yang salah dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala sebelah. Cari tahu cara memilih yang tepat di sini.
Memilih Pil KB yang Tepat untuk Penderita Migrain

Klikdokter.com, Jakarta Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan keluhan yang dapat dialami oleh siapa saja. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kondisi ini, salah satunya pemakaian pil KB.

Perlu diketahui, migrain merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat menurunnya produksi hormon estrogen di dalam tubuh. Hal ini sejalan dengan fungsi utama pil KB, yaitu menekan produksi hormon estrogen di dalam tubuh pemakainya.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa pil KB kombinasi (estrogen dan progesteron) dapat memperburuk kondisi migrain. Saat pil KB jenis ini tidak dikonsumsi, penurunan estrogen secara drastis akan terjadi. Alhasil, gejala migrain yang terjadi akan semakin buruk.

Berita baiknya, tidak semua pil KB dapat mencetuskan migrain. Salah satu pil KB yang tidak menimbulkan efek samping migrain adalah pil dengan kadar estrogen rendah (low dose monophasic oral contraceptive).

Pil KB jenis ini bekerja dengan membuat kadar estrogen di dalam tubuh lebih stabil. Inilah yang membuat penggunanya terhindar dari serangan migrain.

Untuk mendapatkan pil KB tersebut, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Bila sembarangan megonsumsi, bukan tidak mungkin Anda akan terserang migrain atau kondisi lain yang lebih parah.

(NB/ RH)

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter
Ika KatikaIka Katika

slmt pagi bu saya mau tanya klo kb sebulan sekali kb nya jarang itu bklan hmil ga dok soalnya sya kb nya jrag" krag saya mersa pusing kleyengzn mohon jwabnnya trima ksih