Resep Camilan Sehat untuk Anak Alergi

Oleh KlikDokter pada 13 Sep 2017, 10:02 WIB
Menyediakan camilan sehat untuk anak alergi merupakan sebuah tantangan. Bagaimana menyiasatinya?
Resep Camilan Sehat untuk Anak Alergi

Klikdokter.com, Jakarta Anak dengan alergi memerlukan perhatian khusus. Pada kasus alergi makanan misalnya, orang tua harus memastikan setiap makanan yang dikonsumsi bebas dari bahan yang dapat memicu alergi. Demikian pula halnya dengan camilan.

Beberapa sajian makanan berikut mungkin bisa menjadi ide camilan sehat untuk si Kecil:

  • Pure Pisang Mangga

    Menu camilan ini sangat mudah. Haluskan pisang, mangga, air perasan jeruk, dan susu kedelai. Kemudian segera sajikan pada anak.

  • Puding Soya Buah

    Meskipun si Kecil alergi susu sapi, ia tetap bisa menikmati puding. Bila biasanya puding dibuat dengan campuran susu sapi di dalamnya, Anda dapat menggunakan susu kedelai sebagai penggantinya.

    Membuatnya pun cukup mudah. Campurkan air, agar-agar, dan gula lalu masak hingga mendidih. Tambahkan susu kedelai serta buah-buah yang telah dipotong kecil. Diamkan hingga mengeras dan sajikan ketika dingin agar lebih segar.

  • Biskuit Kukus Madu

    Menu ini pun cocok diberikan pada anak yang alergi susu sapi dan kacang-kacangan.

    Susun apel, pisang yang telah dipotong-potong serta biskuit tawar yang telah dihancurkan. Tuang larutan air, telur, gula, dan madu di atasnya. Kemudian kukus sebentar selama kurang lebih 3–5 menit. Kemudian, tuang larutan susu kedelai.

  • Sup Buah Kacang Hijau

    Menu ini pun tak kalah mudah dan lezat. Rebuslah kacang hijau lalu tiriskan. Susunlah potongan buah-buahan (Anda dapat gunakan pepaya dan semangka) serta kacang hijau di wadah. Tambahkan susu kedelai ke dalamnya, aduk rata dan sajikan.

Menyajikan camilan sehat bagi anak alergi ternyata tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Jadi tak perlu ragu bereksplorasi dengan berbagai bahan makanan agar anak tetap mendapat menu yang sehat dan tak mudah bosan.

Alergi merupakan reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Terdapat dua faktor penyebab terjadinya alergi pada anak yakni faktor genetik dan lingkungan.

Pencegahan terhadap yang berisiko tinggi anak mengalami alergi sebaiknya dilakukan dengan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan pertama.

Bagaimana dengan anak yang telah mendapatkan susu formula namun ternyata alergi terhadap protein susu sapi? Anda bisa mengatasinya dengan menghindari protein susu sapi yang utuh. Ganti nutrisinya dengan formula hidrolisat penuh, formula asam amino atau formula isolat protein kedelai.

Salah satu produk susu yang telah sejak lama dipercaya aman untuk membantu memenuhi asupan gizi anak yang alergi adalah Morinaga Alergi. Produk ini diperkaya kandungan L-Metionin dan Karnitin yang dapat mengatasi gejala alergi susu sapi. Selain itu Morinaga Alergi juga diformulasi untuk mendukung tumbuh kembang optimal.

(DA/ RH)