Ingin Cepat Hamil? Ini Makanan yang Wajib Dikonsumsi

Oleh dr. Grace Valentine pada 14 Sep 2017, 12:01 WIB
Tidak hanya obat-obatan, ternyata makanan juga berperan penting bagi Anda yang ingin cepat hamil.
Ingin Cepat Hamil? Ini Makanan yang Wajib Dikonsumsi

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar pasangan yang baru menikah biasanya ingin cepat hamil. Untuk mewujudkannya, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah makan. Ya, makanan tertentu dapat menunjang kesuburan.

Berdasarkan studi dari Harvard Medical School, mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu fungsi ovulasi wanita. Ini karena makanan berperan penting dalam pemenuhan gizi harian serta menunjang fungsi sel dan hormon.

Nah, bagi Anda yang ingin cepat hamil, berikut beberapa makanan yang wajib dikonsumsi:

  1. Karbohidrat kompleks

    Studi menunjukkan bahwa kadar insulin tinggi akibat kadar gula darah di atas normal, dapat menghambat ovulasi pada wanita. Salah satu kondisi yang dapat menyebabkan hal ini, yaitu menggunakan karbohidrat sederhana sebagai konsumsi sehari-hari.

    Sedangkan, karbohidrat kompleks adalah makanan yang dicerna lebih lambat oleh tubuh, sehingga dapat mencegah lonjakan gula darah. Pada akhirnya, makanan jenis ini mampu menekan produksi insulin, dan menjaga fungsi ovulasi wanita tetap prima.

    Beberapa sumber karbohidrat kompleks, yaitu buah, sayur, kacang-kacangan, dan gandum.

  2. Asam lemak esensial

    Asam lemak esensial–seperti DHA dan omega 3–memiliki peran besar dalam sistem reproduksi wanita. Sebab zat ini diketahui dapat membantu proses ovulasi, memperbaiki kualitas sel telur, dan menunda penuaan pada indung telur.

    Makanan yang kaya asam lemak esensial adalah ikan salmon, tuna, dan udang. Bila alergi atau tidak suka makanan laut, Anda bisa mengonsumsi suplemen. Terkait hal ini, Anda sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu pada dokter.

  3. Protein nabati

    Studi di Harvard menyarankan wanita yang ingin cepat hamil untuk mengonsumsi protein nabati–seperti tahu, tempe atau kacang-kacangan, untuk menurunkan risiko gangguan ovulasi.

    Untuk sumber protein hewani, sebaiknya asupan ini dibatasi hingga 2 takaran makan saja dalam sehari.

  4. Whole milk atau produk susu full fat

    Studi terbaru menunjukkan bahwa susu rendah lemak dan produk olahannya membuat wanita lebih sulit hamil akibat gangguan ovulasi. Karena itu, Anda dianjurkan untuk mengganti satu porsi makanan produk susu rendah lemak harian dengan produk susu full fat.

  5. Multivitamin

    Multivitamin harian yang mengandung asam folat 400 mikrogram dan 40–80 mg zat besi dapat membantu wanita cepat hamil. Studi menunjukkan asam folat dapat menurunkan kejadian kegagalan ovulasi.

Itulah lima pilihan makanan, yang dapat membantu Anda cepat hamil. Meski baik, makanan di atas tetap harus dikonsumsi sesuai kebutuhan gizi harian Anda.

(NB/ RH)

Ifan Sulaiman  Ifan Sulaiman

ass slmt pagi dok dok saya selama 4 bulan blm ada tanda2 datang bulan kenapa ya dok

Ifan Sulaiman  Ifan Sulaiman

ass slmt pagi dok dok saya selama 4 bulan blm ada tanda2 datang bulan kenapa ya dok