Mempersiapkan Diri Menjadi Ayah Siaga

Oleh dr. Grace Valentine pada 14 Sep 2017, 12:52 WIB
Kelancaran persalinan tak hanya menjadi tanggung jawab calon ibu semata. Bentuk diri Anda menjadi sosok ayah siaga dengan cara ini.
Mempersiapkan Diri Menjadi Ayah Siaga

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan akan mengubah hidup Anda dan pasangan. Karena itu, tidak hanya sang calon ibu, sebagai pria Anda juga harus bisa menjadi seorang ayah siaga.

Ingatlah bahwa suami merupakan orang terdekat yang dapat membantu semua persiapan. Baik yang berhubungan dengan persiapan untuk hamil, maupun proses yang terjadi selama kehamilan.

Tapi sayangnya, tidak semua pria memahami arti menjadi ayah siaga. Bahkan pada beberapa kasus, tidak sedikit pria yang kebingungan hingga kewalahan menjelang hari persalinan.

Makna dari ayah siaga adalah menerapkan sikap waspada dalam menjaga kesehatan pasangan yang sedang hamil, hingga proses persalinan berlangsung.

Beberapa kiat yang bisa Anda terapkan untuk menjadi sosok ayah siaga selama kehamilan adalah sebagai berikut:

  1. Menemani calon ibu untuk kontrol kehamilan.
  2. Membantu dalam mengambil keputusan selama kehamilan.
  3. Menyiapkan tempat bersalin dan transportasi yang memadai.
  4. Mengetahui tanda-tanda bahaya selama kehamilan .
  5. Mengetahui ciri-ciri istri akan melahirkan.
  6. Memberikan semangat, dukungan, dan menenangkan pasangan selama hamil hingga persalinan.
  7. Berkomunikasi dengan baik. Misalnya dengan menanyakan apa yang dibutuhkan, apa yang dirasakan, dan apa yang diinginkan oleh sang calon ibu.
  8. Menunjukkan kasih sayang dengan memberikan pelukan dan perhatian penuh setiap saat.
  9. Mendukung pasangan untuk menerapkan gaya hidup sehat, dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan olahraga teratur yang dilakukan bersama-sama.
  10. Memberikan dukungan fisik berupa. Misalnya dengan membantu pekerjaan rumah, tidak merokok di sekitar istri yang hamil, atau memijat punggung atau kaki istri untuk membantu mengurangi rasa pegal yang dirasakan selama kehamilan.

Setelah membaca kiat di atas, apakah Anda siap untuk menjadi sosok ayah siaga? Pastikan Anda dan pasangan saling mendukung agar perjuangan yang ditempuh selama kehamilan hingga proses persalinan dapat berjalan dengan baik.

(NB/ RH)