Mana Lebih Baik, Susu Hamil atau Susu Biasa?

Oleh dr. Grace Valentine pada 14 Sep 2017, 12:56 WIB
Benarkah susu hamil lebih baik daripada susu biasa, atau justru sebaliknya?
Mana Lebih Baik, Susu Hamil atau Susu Biasa?

Klikdokter.com, Jakarta Susu adalah sumber zat gizi penting yang dapat dikonsumsi selama kehamilan. Namun, apakah setiap ibu hamil harus minum susu hamil?

Pertama-tama, Anda perlu untuk mengenal susu hamil lebih dulu. Susu hamil merupakan jenis asupan yang sudah difortifikasi sedemikian rupa untuk melengkapi kebutuhan gizi ibu hamil.

Biasanya, pada susu ini juga ditambahkan asam folat, zat besi, AHA, dan DHA. Zat gizi ini diperlukan untuk pertumbuhan janin serta mencegah kejadian neural tube defect atau cacat bawaan pada bayi.

Namun bila konsumsi susu hamil tidak dapat ditoleransi dengan baik, para ahli kesehatan menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi susu UHT.

Jika susu UHT diminum dalam porsi tepat dan diselingi dengan konsumsi vitamin prenatal secara teratur, maka kebutuhan gizi selama kehamilan dapat terpenuhi dengan baik.

Meski tak ada larangan, Anda tetap harus cermat memilih susu UHT untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Jenis susu UHT whole milk adalah yang harus Anda waspadai, karena mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga kurang baik dikonsumsi selama hamil. Susu UHT rendah lemak merupakan pilihan yang lebih sehat dan lebih baik untuk ibu hamil.

Lalu mana yang lebih baik, susu hamil atau susu biasa? Semuanya dikembalikan pada kondisi ibu hamil itu sendiri. Karena seperti yang disebutkan di atas, beberapa ibu hamil tidak bisa menoleransi rasa susu hamil yang berbeda dengan susu biasa.

Baik susu hamil maupun susu biasa memiliki kelebihan masing-masing. Namun yang jauh lebih penting adalah memastikan kebutuhan kalsium ibu hamil sebanyak 100 mg per hari terus terpenuhi. Baik dengan minum susu, maupun dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

(NB/ RH)