4 Strategi Menjaga Kesehatan Jantung

Oleh KlikDokter pada 14 Sep 2017, 13:01 WIB
Dewasa ini, generasi muda yang terkena penyakit jantung koroner semakin banyak. Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung?
4 Strategi Menjaga Kesehatan Jantung

Klikdokter.com, Jakarta Jangan sepelekan kesehatan jantung Anda. Meningkatnya angka kejadian penyakit jantung, terutama pada generasi muda, menunjukkan pentingnya pola hidup sehat untuk mencegah kemunculannya pada kemudian hari.

Penyakit jantung dapat timbul akibat dari berbagai faktor, termasuk usia, gaya hidup seperti pola makan dan aktivitas, tingkat stres, berat badan, kadar kolesterol, dan adanya kondisi kesehatan lain.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan jantung:

  1. Menghindari kebiasaan merokok

    Merokok merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menimbulkan penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh berbagai zat kimia pada tembakau yang dapat mempersempit pembuluh darah arteri akibat dari pembentukan plak.

    Dengan demikian, aliran darah ke jantung menjadi tidak maksimal, yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

  2. Menjaga pola makan

    Mengonsumsi diet yang sehat setiap harinya dapat menghindari Anda dari penyakit jantung.

    Dua jenis diet yang cukup populer adalah Dietary Approach to Stop Hypertension (DASH) dan diet Mediterania, yang mencakup buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian.

    Kedua diet tersebut juga menekankan pada kecukupan vitamin dan mineral, seperti vitamin B, D, dan omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung.

    Selain itu, asupan makanan yang mengandung kadar lemak jenuh (seperti daging merah, minyak goreng) serta kadar gula yang tinggi juga harus dibatasi.

  3. Melakukan aktivitas fisik rutin

    Berolahraga merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Dengan rutin berolahraga, kesehatan jantung dapat terpelihara dengan baik.

    Carilah olahraga yang sesuai dengan minat Anda. Lakukan setidaknya 3 kali seminggu, dengan durasi sekitar 30–60 menit setiap kalinya.

  4. Memastikan kualitas tidur yang baik

    Kurang tidur tidak hanya akan membuat Anda merasa sangat mengantuk keesokan harinya, tetapi juga memiliki dampak bagi kesehatan.

    Menurut penelitian, seseorang yang kurang tidur memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, serta penyakit jantung.

  5. Mengonsumsi suplemen

    Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung omega-3. Omega-3 berperan dalam menghambat pembentukan plak pada pembuluh darah, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

    Anda dapat memperoleh omega-3 tersebut dari H2 Health & Happiness Superba Krill Oil. Minyak krill dihasilkan dari sejenis crustacea dari laut dalam. Minyak ini sangat kaya akan omega-3, seperti EPA dan DHA, yang sudah terbukti baik bagi jantung.

Menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk dilakukan sejak usia muda. Dengan menerapkan pola hidup sehat sejak dini, diharapkan bahwa angka kejadian penyakit jantung pada masyarakat semakin berkurang.

[RS/ RH]