Sering Lemas dan Pusing? Hati-hati Gangguan Tiroid

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 26 Sep 2017, 11:32 WIB
Jangan sepelekan gejala sering lemas dan pusing. Bisa jadi Anda mengalami gangguan tiroid.
Sering Lemas dan Pusing? Hati-hati Gangguan Tiroid

Klikdokter.com, Jakarta Gejala lemas dan pusing sering kali dipandang remeh dan dianggap sebagai tanda kelelahan biasa. Namun, rupanya gejala tersebut bisa juga karena adanya gangguan tiroid.

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu yang terdapat di daerah leher dan menghasilkan hormon tiroid. Tak banyak yang tahu bahwa hormon ini memiliki peran yang esensial dalam tubuh manusia.

Kelenjar ini mengatur banyak proses dalam tubuh seperti proses bernapas, detak jantung, kontrol berat badan, suhu tubuh, dan metabolisme kolesterol. Tak heran bila gangguan di kelenjar tiroid akan menimbulkan banyak masalah pula di tubuh.

Secara umum, ada dua masalah yang dapat terjadi pada kelenjar tiroid. Pertama, kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah banyak (hipertiroid). Kedua, kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah lebih sedikit (hipotiroid).

Keduanya dapat terjadi akibat ada peradangan di kelenjar tiroid, benjolan, atau keganasan (kanker). Hipertiroid ditandai dengan dada yang terasa berdebar, penurunan berat badan, dan gangguan menstruasi. Gejala tersebut muncul akibat aktivitas hormon tiroid yang berlebihan.

Sedangkan gejala hipotiroid antara lain sering merasa lemas dan mudah lelah, sering mengantuk, kulit kering, tidak tahan terhadap suhu dingin, dan peningkatan berat badan. Gejala-gejala tersebut terjadi karena aktivitas hormon tiroid yang menurun.

Anda sering mengalami gejala di atas? Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan kadar hormon tiroid.

Umumnya yang diperiksa adalah TSH (thyroid stimulating hormone), T4, dan T3. Semakin cepat terdeteksi, semakin cepat pula pengobatan dilakukan sehingga gangguan tiroid tidak terus menerus mengganggu aktivitas Anda.

Berbekal informasi di atas, Anda dapat lebih waspada bila sering mengalami pusing dan lemas. Ingat, gangguan tiroid bila dideteksi lebih cepat akan lebih mudah dikendalikan.

(DA/ RH)

Erina WoworErina Wowor

dok saya sering merasa lemas dan mudah lelah padahal gak ngerjain apa2, kenapa bisa gitu ya dok ? saya dulu pernah periksa tapi tiroid normal dok, apakah itu gejala dari penyakit lain?