7 Kiat Tubuh Tetap Sehat Saat Ibadah Umroh

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 26 Sep 2017, 11:36 WIB
Semua orang pasti menginginkan tubuh sehat selama menunaikan ibadah umroh. Bagaimana caranya?
7 Kiat Tubuh Tetap Sehat Saat Ibadah Umroh

Klikdokter.com, Jakarta Setiap tahun, jutaan umat Muslim dari berbagai dunia datang ke tanah suci untuk menunaikan ibadah umroh. Namun, ibadah yang berlangsung selama 40 hari ini menuntut tubuh sehat dan kesiapan mental sang jemaah.

Masalah kesehatan selama ibadah umroh memang telah menjadi perhatian berbagai pihak, termasuk Badan Kesehatan Dunia (WHO/ World Health Organization). Pasalnya, jutaan orang dari berbagai belahan dunia berkumpul di satu tempat dan hal ini tentu dapat memicu penularan infeksi.

Karena itu, para jemaah dihimbau mempersiapkan diri agar tetap sehat selama melaksanakan ibadah umroh. Berikut kiatnya untuk Anda:

  1. Jaga kondisi fisik Anda sebelum berangkat ibadah umroh. Istirahat cukup, makan makanan bergizi seimbang, olahraga teratur (minimal tiga kali seminggu), dan hentikan kebiasaan merugikan seperti merokok.
  2. Bila Anda mengalami penyakit seperti darah tinggi, penyakit gula (diabetes mellitus), pastikan telah berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi Anda. Begitu juga dengan obat-obatan yang harus dibawa dan hal-hal yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadi komplikasi atau kekambuhan saat ibadah umroh.
  3. Lakukan vaksinasi yang disarankan oleh WHO dan Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Beberapa diantaranya adalah vaksin meningitis, vaksin pneumokokus, dan vaksin polio.
  4. Bila Anda memiliki riwayat alergi, kenali penyebabnya dan pastikan Anda membawa obat-obatan untuk alergi.
  5. Gunakan masker, terutama saat berada di keramaian, untuk mencegah alergi debu dan penularan penyakit.
  6. Iklim di tanah suci yang lebih panas berpotensi memicu dehidrasi (kekurangan cairan). Karena itu, bawalah air mineral sepanjang perjalanan Anda.
  7. Biasakan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan untuk mencegah berbagai penyakit infeksi, termasuk infeksi saluran cerna.Ibadah umroh sering kali mengharuskan Anda beraktivitas sepanjang hari sehingga Anda mudah mengalami nyeri otot dan kelelahan.

Anda dapat menggunakan antinyeri topikal (oles) dengan kandungan methyl salycilate untuk mengatasi nyeri tersebut. Bagaimana, sudahkah Anda mantap untuk melaksanakan ibadah umroh? Pastikan Anda benar-benar mempersiapkan diri dengan baik, khususnya dengan menjaga tubuh tetap sehat, agar ibadah Anda berjalan lancar.

(DA/ RH)