Mengenal Berbagai Jenis Olahraga untuk Jantung Sehat

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 26 Sep 2017, 11:40 WIB
Siapa yang tak ingin memiliki jantung sehat? Jenis olahraga berikut ini dapat membantu Anda mendapatkan semua itu.
Mengenal Berbagai Jenis Olahraga untuk Jantung Sehat

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia maupun di dunia. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ini, salah satunya dengan melakukan olahraga.

Olahraga yang disarankan untuk kesehatan jantung adalah jenis olahraga aerobik. Olahraga jenis ini dapat membantu meningkatkan energi dan stamina, mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol, serta membantu membakar kalori untuk mempertahankan berat badan.

Pada dasarnya olahraga aerobik merupakan aktivitas fisik yang melibatkan gerak otot besar di tubuh –terutama tungkai, bersifat ritmik, dan berkelanjutan. Beberapa olahraga atau aktivitas fisik yang dapat dilakukan adalah jogging, bersepeda, berenang, senam aerobik, menaiki tangga, dan naik gunung.

Sementara olahraga permainan seperti sepak bola, futsal, tennis masih dapat dilakukan. Akan tetapi jenis olahraga seperti ini tak terlalu disarankan karena tidak bersifat ritmik dan berkelanjutan.

Lalu, seberapa sering sebaiknya olahraga ini dilakukan? American Heart Association (AHA) menganjurkan olahraga atau aktivitas fisik dilakukan selama 30 menit sebanyak 5 kali seminggu sehingga total 150 menit dalam seminggu.

Anda dapat melakukannya secara bertahap mulai dari tiga kali seminggu dan secara perlahan meningkat frekuensinya hingga lima kali. Lebih dari lima kali seminggu tidak disarankan karena akan meningkatkan risiko cedera.

Bila Anda seorang pekerja, menyediakan waktu 30 menit untuk olahraga tentu bukan perkara mudah. Namun tak perlu khawatir, Anda dapat membaginya ke beberapa bagian.

Bagaimana cara membaginya? Misalnya: 10 menit di pagi, siang, dan sore hari. Anda bisa bersepeda ke tempat kerja, menggunakan tangga untuk mencapai ruangan kerja, dan atau hal-hal sederhana lainnya. Dengan melakukan berbagai olahraga tersebut, Anda dapat terhindar dari bahaya penyakit jantung di kemudian hari. Sayangi jantung Anda dari sekarang, ya.

(DA/ RH)