Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Susu Biasa?

Oleh dr. Grace Valentine pada 04 Okt 2017, 11:13 WIB
Susu biasa sering dijadikan ‘pelarian’ oleh ibu hamil yang tidak doyan susu hamil. Bolehkah demikian?
Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Susu Biasa?

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa ibu hamil tidak dapat menerima rasa susu hamil yang memang berbeda dari susu biasanya. Akibatnya, tak sedikit yang memilih untuk mengonsumsi susu biasa, seperti susu kedelai atau susu UHT. Bolehkah ini dilakukan?

Para ahli kesehatan mengatakan, ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi susu biasa. Namun tindakan ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Mengapa demikian? Sebab, beberapa jenis susu biasa mengandung kadar lemak jenuh tinggi, yang bila dikonsumsi dalam jumlah tidak tepat dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Namun, meski diperbolehkan, akan lebih baik jika ibu hamil mengonsumsi susu yang diciptakan khusus untuk menunjang kehamilan. Ini karena susu hamil telah difortifikasi sedemikian rupa untuk melengkapi kebutuhan gizi ibu hamil, yang terus bertambah seiring usia kehamilan.

Sebagai Penunjang

Sebenarnya, susu biasa maupun susu hamil bersifat sebagai ‘suplemen’. Artinya, susu biasa maupun susu hamil bersifat sebagai penunjang, bukan sebagai asupan gizi utama. Secara keseluruhan, pola hidup dan pola makan sehatlah yang memiliki peran lebih besar dalam memastikan kecukupan gizi ibu hamil dan janin.

Namun, jika khawatir tidak bisa mencukupi kebutuhan tersebut, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi susu saat hamil.

(NB/ RH)