6 Hal Tersering Penyebab Susah Hamil pada Wanita

Oleh KlikDokter pada 04 Okt 2017, 11:33 WIB
Sudah lama berumah tangga, tapi tak kunjung hamil juga? Bisa jadi, tiga hal ini yang menyebabkan Anda susah hamil.
6 Hal Tersering Penyebab Susah Hamil pada Wanita

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan merupakan kondisi yang kerap dinantikan oleh pasangan yang sudah menikah. Sayangnya, tidak sedikit pasangan yang mengeluh susah hamil, meski sudah mencoba berbagai cara. Anda salah satunya?

Faktanya, sekitar 84% pasangan akan hamil dalam setahun pertama pernikahan bila berhubungan secara teratur dan tidak menggunakan kontrasepsi. Pada pasangan yang tidak hamil pada tahun pertama, lima puluh persen di antaranya akan hamil pada tahun kedua.

Pasangan yang susah hamil dalam jangka waktu 1 tahun, meski sudah berhubungan seks tanpa kontrasepsi secara teratur, dikatakan mengalami infertilitas primer. Salah satu kondisi yang dapat menyebabkan keadaan ini adalah faktor kesuburan wanita, yang dipengaruhi oleh:

1. Gangguan produksi sel telur (ovulasi)

Kondisi ini dapat terjadi akibat kelainan di tingkat pituitari, hipotalamus, atau ovarium. Bila ada keluhan tidak haid, atau haid yang jarang dan tidak teratur, investigasi penyebab harus dilakukan.

2. Gangguan saluran telur (tuba)

Gangguan saluran telur (tuba) kerap terjadi akibat infeksi, baik akibat riwayat infeksi panggul atau infeksi lainnya. Penyebab dari gangguan saluran telur yang paling sering adalah infeksi chlamydia dan gonore.

3. Gangguan rahim

Gangguan pada rahim dapat berupa bentuk rahim yang tidak lazim –seperti uterus bikornu, septum uterus, atau adanya mioma uterus. Kondisi-kondisi tersebut menyebabkan perubahan bentuk rahim, sehingga menyebabkan gangguan pelekatan embrio pada dinding rahim dan peningkatan risiko keguguran.

4. Gangguan mulut rahim (serviks)

Gangguan mulut rahim (serviks) dapat berupa serviks pendek akibat riwayat operasi, polip serviks, atau gangguan pada lendir serviks.

5. Endometriosis

Endometriosis dapat menyebabkan inflamasi, perlengketan organ kandungan, dan menyebabkan perubahan bentuk organ kandungan (termasuk saluran tuba).

6. Lainnya

Usia, berat badan dan indeks massa tubuh, merokok, minum alkohol, serta konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menjadi penyebab susah hamil.

Bila Anda mengalami kondisi di atas, jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter spesialis kandungan bersama pasangan. Dengan begitu, penghalang susah hamil dapat segera diatasi, dan Anda bisa segera memiliki momongan.

Nah, dalam mempersiapkan diri memiliki momongan, Anda perlu mengonsumsi asupan yang tepat. Salah satu yang dianjurkan adalah PRENAGEN esensis dengan PRENAPro Formula.PRENAGEN esensis hadir dengan varian rasa vanila, cokelat, dan moka. Selain rasanya yang bervariasi, PRENAGEN esensis juga mengandung nutrisi yang diformulasikan khusus untuk wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan.

Yaitu, kandungan kalsium yang tinggi, vitamin dan mineral, asam folat, serta rendah lemak. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, konsumsi susu hamil PRENAGEN esensis dua kali sehari. Agar, kebutuhan nutrisi dalam mempersiapkan kehamilan terus terpenuhi, dan susah hamil tidak lagi terjadi.

(NB/ RH)

Dieca ErlianaDieca Erliana

malam dokkk mau tanya dong tips" agar cepat hamill apa ya dok makhlum dong soal ya baru nikahh apa betul dong kalo selesai berhubungan kaki di angkat agar sperma langsung cpet pembuahan dok

Firman RohayadiFirman Rohayadi

istri sy dah punya anak 1 dokter tapi sy pengen satu lagi tapi susah dok