Kiat Efektif Atasi Pegal saat di Kantor

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 04 Okt 2017, 11:47 WIB
Pegal kerap menganggu segudang aktivitas Anda di kantor? Ini kiat efektif mengatasinya.
Kiat Efektif Atasi Pegal saat di Kantor

Klikdokter.com, Jakarta Pegal merupakan kondisi yang kerap menyerang pekerja kantoran. Keluhan ini tentu membuat produktivitas dan semangat bekerja menurun drastis.Keluhan ini biasanya disebabkan oleh posisi tubuh yang tidak tepat saat melakukan suatu aktivitas. Ini termasuk postur tubuh yang terlalu kaku dan kurang aktif bergerak.

Agar pegal tidak mengganggu segudang aktivitas Anda saat di kantor, berikut kiat yang harus dilakukan:

1. Atur posisi duduk

Saat bekerja, pastikan Anda duduk dalam posisi anatomis menggunakan meja dan kursi yang ergonomis. Sesuaikan ukuran dan tinggi meja dan kursi dengan ukuran tubuh Anda. Jika memungkinkan, pilihlah kursi dengan bahan yang empuk dan nyaman agar pegal tidak menyerang kemudian.

2. Peregangan

Lakukan perenggangan setiap 1-2 jam sekali, selama 5–10 menit. Fokuskan gerakan pada bagian-bagian otot tubuh yang paling banyak berkontraksi, seperti leher, punggung, pinggang, lengan, dan kaki.

3. Pijat

Penumpukan asam laktat di otot dapat menyebabkan rasa pegal. Pijat dapat memperlancar aliran darah, sehingga mengurangi penumpukan asam laktat tersebut.

4. Bergerak

Bejalan-jalan di sekitar kantor dapat menjadi alternatif untuk merenggangkan otot dari posisi duduk seharian.

5. Aromaterapi

Menggunakan aromaterapi di meja kerja dapat membuat tubuh dan pikran Anda lebih relaks, sehingga dapat mengurangi rasa stres dan pegal.

6. Vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat memicu timbulnya kram dan pegal. Karena itu, cukupi kebutuhan vitamin B Anda dengan mengonsumsi bakanan sehat bergizi seimbang. Jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin B.

7. Obat oles

Sediakan cream atau gel penghangat yang mengandung methyl salicylate. Obat dengan kandungan ini dapat membantu mengurangi keluhan pegal, nyeri otot, radang sendi, memar, dan sakit punggung. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskannya langsung ke bagian tubuh yang terasa pegal atau nyeri.

Dengan kiat di atas, diharapkan pegal tidak lagi mengganggu produktivitas Anda selama di kantor. Jika pegal menetap dan tak kunjung hilang, jangan ragu untuk segera berkunjung ke dokter.

(NB/ RH)