6 Aktivitas Rumahan untuk Jantung Sehat

Oleh dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA pada 06 Okt 2017, 07:54 WIB
Tak sempat olahraga? Cobalah aktivitas rumahan ini agar jantung Anda tetap sehat.
6 Aktivitas Rumahan untuk Jantung Sehat

Klikdokter.com, Jakarta Kata siapa olahraga harus dilakukan di gym? Aktivitas rumahan sehari-hari juga dapat dijadikan ‘pengganti’ olahraga, yang baik bagi tubuh dan jantung Anda. Modalnya hanya bergerak aktif dan niat tentunya.

Anda tentu mulai menyadari, makin banyak orang, terutama anak-anak muda, yang terkena ancaman penyakit jantung. Bahkan survei tahun 2014 menunjukkan, penyakit jantung koroner menjadi penyebab kematian tertinggi pada semua usia di Indonesia, yakni sebesar 12,9%.

Anda dapat mengurangi angka tersebut dengan melakukan pola hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga atau beraktivitas fisik yang cukup. Jangan hanya menerapkannya pada diri sendiri, ajak serta keluarga Anda untuk sama-sama berubah.

Alasan yang paling sering menghalangi orang untuk berolahraga adalah kesibukan. Tak dimungkiri, waktu untuk berolahraga menjadi sangat mahal. Pekerjaan sehari-hari sudah menjadi tugas rutin tersendiri yang tak bisa ditinggalkan. Belum lagi, sebagian besar waktu dihabiskan di jalan karena kemacetan. Jadi tentunya Anda perlu menyiasati hal tersebut. 

Ini berlaku bukan saja bagi para pekerja kantoran, misalnya, tetapi juga bagi ibu rumah tangga. Padahal, olahraga yang teratur adalah salah satu cara untuk menurunkan risiko berbagai penyakit. 

Berikut ini enam aktivitas rumahan yang dapat Anda lakukan agar tubuh tetap bugar:

  • Mencuci mobil atau motor sendiri

Sebelum berangkat kerja, bangunlah lebih pagi dan cuci sendiri kendaraan Anda. Aktivitas ini dapat Anda lakukan dengan ritme cepat, dengan diiringi musik yang dinamis untuk mempertahankan intensitas gerakan menyerupai olahraga. Lakukan sekitar setengah jam untuk memenuhi rekomendasi American Heart Association, yaitu aktivitas aerobik setidaknya 30 menit setiap hari.

  • Menyapu dan mengepel lantai

Aktivitas kedua yang menguras kalori dan mirip olahraga adalah menyapu serta mengepel lantai. Selain itu, mencuci baju juga cukup menguras tenaga. Walau demikian, aktivitas-aktivitas tersebut sebaiknya tetap dibarengi dengan jalan cepat (misalnya: saat pergi ke swalayan, atau saat menjemput anak sekolah dengan jarak yang cukup terjangkau dengan jalan kaki).

  • Memandikan hewan peliharaan

Ingin membakar lemak setelah bangun pagi atau saat sore hari? Luangkan waktu untuk memandikan hewan peliharaan Anda. Tapi jangan dilakukan sambil duduk, ya. Anda dapat memandikannya sembari berdiri agar tubuh berkeringat.  

  • Berkebun

Bagi Anda yang hobi berkebun, ini kabar bahagia untuk Anda! Selain membuat halaman rumah menjadi indah, berkebun juga bisa membakar kalori sekitar 200–400 kalori per jam.

  • Naik-turun tangga

Jika rumah Anda memiliki tangga, manfaatkanlah dengan naik-turun tangga setiap waktu. Selain membakar kalori, juga dapat mengencangkan otot paha dan anggota gerak lainnya. Lumayan, bukan?

  • Memasak

Memasak ternyata dapat membakar kalori sebanyak 75–111 kalori per 30 menit. Yuk, sisihkan waktu untuk memasak dengan pasangan Anda. Di samping bikin langsing, juga dapat menambah keharmonisan rumah tangga Anda.

Keenam aktivitas rumahan tersebut tentu bukan aktivitas fisik yang ideal untuk dikatakan olahraga. Tetap usahakan untuk jogging, jalan cepat, berenang, atau bersepeda.

Lakukan dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit sebanyak 5 hari seminggu, atau 1 jam selama 3 hari seminggu. Sehingga total waktu olahraga 150 menit per minggu dapat tercapai.  

Aktivitas rumahan tersebut adalah siasat yang dapat Anda lakukan untuk tetap aktif bergerak, di sela pekerjaan dan kesibukan sehari-hari. Ini tentunya lebih baik daripada tidak sama sekali, bukan? Karena tubuh yang aktif adalah jantung yang sehat. Selamat mencoba, dan tetap semangat!

[RS/ RH]