Cegah Nyamuk Masuk ke Rumah dengan Cara Ini

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 19 Okt 2017, 10:54 WIB
Jangan biarkan rumah Anda didatangi nyamuk. Cegah dengan cara sederhana ini!
Cegah Nyamuk Masuk ke Rumah dengan Cara Ini

Klikdokter.com, Jakarta Tak ada satu orang pun yang ingin rumahnya dimasuki nyamuk. Wajar saja, sebab hewan yang satu ini sangat gemar menggigit manusia dan menyebabkan rasa gatal, atau penyakit berbahaya.

Nah, agar rumah Anda tidak didatangi nyamuk, beberapa tindakan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pasang kawat nyamuk

Memasang kawat nyamuk di area-area tertentu seperti jendela, bagian bawah pintu rumah, dan lainnya sangat efektif dalam mengurangi jumlah nyamuk yang masuk ke dalam rumah.

  • Hindari genangan air

Genangan air sering dijadikan nyamuk sebagai tempat berkembang biak. Karena itu, untuk memperkecil risiko nyamuk masuk ke dalam rumah, pastikan tidak ada air yang menggenang di sekitar atau di dalam rumah Anda.

Jika memang harus ada tempat genangan air, pastikan tempat tersebut tertutup rapat dan rutin dibersihkan. Selain itu, Anda pun perlu menaburkan bubuk abate di penampungan air tersebut, agar nyamuk tidak mudah berkembang biak.

  • Bahan alami

Serai adalah salah satu bahan alami yang kerap digunakan untuk mengusir nyamuk. Cobalah menanam tanaman serai di sekitar rumah. Anda juga dapat menggunakan essential oil atau aroma terapi dengan wangi serai untuk mengusir nyamuk.

Jika dirasa perlu, Anda bisa menggunakan obat pengusir nyamuk, baik semprot atau elektrik, untuk membantu menekan angka nyamuk yang masuk ke dalam rumah.

Itulah cara terbaik untuk memperkecil risiko atau mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan sampai serangga ini menggigit, dan menyebabkan Anda menderita penyakit berbahaya. Tetap jaga kesehatan, dan selalu perhatikan kebersihan lingkunan tempat Anda tinggal.

(NB/ RH)