Rajin Membersihkan Rumah Agar Bebas Gangguan Cemas

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 19 Okt 2017, 11:25 WIB
Tidak ingin mengalami gangguan cemas? Salah satu tindakan yang wajib Anda lakukan adalah membersihkan rumah.
Rajin Membersihkan Rumah Agar Bebas Gangguan Cemas

Klikdokter.com, Jakarta Membersihkan rumah merupakan kegiatan penting untuk dilakukan setiap keluarga. Selain dapat menjaga kebersihan dan kenyamanan, ternyata membersihkan rumah juga dapat mencegah gangguan cemas.

Faktanya, kondisi rumah yang berantakan dapat memberi berbagai efek mendalam terhadap kesehatan jiwa. Hal ini bisa membuat Anda susah relaks, baik secara fisik maupun mental. Di samping itu, pikiran pun dapat terpengaruh, hingga akhirnya membuat produktivitas menurun.

Tidak hanya sampai di situ. Tidak rutin membersihkan rumah juga dapat menimbulkan perasaan tertekan dan cemas, karena segala barang ataupun perabotan terletak tidak beraturan atau bahkan berserakan. Lama-kelamaan, keadaan ini dapat memicu rasa bersalah, malu pada diri sendiri, dan membuat Anda semakin sulit berpikir positif.

Oleh karena itu, jika tidak ingin mengalami gangguan cemas atau hal-hal lain sejenisnya, Anda dianjurkan untuk membersihkan rumah secara rutin dan teratur. Selain terbebas dari rasa cemas dan efek negatif lainnya, membersihkan rumah juga dapat mendatangkan sederet manfaat bagi kesehatan Anda.

Membersihkan rumah akan membuat Anda bergerak aktif ke sana ke mari. Tubuh Anda akan terpicu untuk mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini dikenal sebagai pencipta rasa bahagia, yang secara langsung dapat menghilangkan rasa cemas, sedih, dan khawatir di dalam diri Anda.

Selanjutnya, membersihkan rumah juga bisa menjadi sarana meditasi dan bersyukur. Saat melihat berbagai barang kepunyaan, Anda dapat merasa bahagia sudah hidup berkecukupan. Bahkan terkadang, dengan membersihkan rumah, terlebih bila menggunakan cairan pembersih disinfektan, Anda bisa sekaligus membersihkan dan memberi perlindungan terhadap kuman pada beberapa barang kesayangan.

Nah, agar kegiatan membersihkan rumah lebih asyik, Anda bisa melakukannya sambil mendengarkan musik favorit. Selain untuk menambah energi positif, musik juga dapat membuat Anda lupa waktu ketika membersihkan rumah. Jadi, tanpa terasa pekerjaan Anda sudah selesai begitu saja.

(NB/ RH)