Bolehkah Anak Usia Satu Tahun Minum Susu UHT?

Oleh dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A pada 01 Nov 2017, 17:23 WIB
Beberapa orang tua memberikan susu tambahan seperti susu UHT pada anak usia satu tahun. Apakah hal ini tepat?
Bolehkah Anak Usia Satu Tahun Minum Susu UHT?

Klikdokter.com, Jakarta Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik. Selain itu, kemasan yang praktis membuat susu sering menjadi bagian dari asupan makanan harian anak. Namun, bagaimana dengan keamanan susu UHT untuk anak usia satu tahun?

Apabila anak masih berusia di bawah satu tahun, maka air susu ibu (ASI) adalah pilihan terbaik. Selanjutnya, ASI dapat diberikan hingga anak berusia dua tahun atau lebih –sepanjang ibu dan anak menghendaki. Sistem pencernaan anak di bawah usia satu tahun belum dapat mencerna susu sapi, selain dalam bentuk susu formula.

Setelah anak berusia satu tahun, orang tua dapat memberikan susu sapi, termasuk susu UHT. Kandungan lemak di dalam susu tersebut juga diperlukan untuk pembentukan sistem saraf dan otak, sehingga orang tua tidak perlu memilih susu rendah lemak sebelum anak berusia dua tahun.

Jadi dapat dikatakan bahwa kandungan susu sapi (termasuk susu UHT) masih belum sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan kematangan ginjal anak di bawah usia satu tahun. Setelah anak genap berusia satu tahun, orang tua baru boleh memberikan susu UHT.

[BA/ RH]