Mengapa Anak Perlu Minum Susu Setiap Hari?

Oleh KlikDokter pada 02 Nov 2017, 14:00 WIB
Susu merupakan asupan yang kaya nutrisi. Namun mengapa anak perlu minum susu setiap hari?
Mengapa Anak Perlu Minum Susu Setiap Hari?

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tua tentu ingin memberikan nutrisi yang optimal untuk anak. Salah satu komponen makanan yang dianggap penting adalah susu. Selain mengandung nutrisi yang baik, susu juga mudah dipersiapkan sehingga ideal untuk menjadi bagian dari asupan makanan dan minuman harian anak.

Kandungan nutrisi di dalam susu meliputi protein, lemak, kalsium, dan vitamin D. Berbagai kandungan tersebut penting selama masa kanak-kanak. Pertumbuhan tulang dan gigi, otot dan saraf, serta sistem kekebalan tubuh memerlukan kalsium.

Agar penyerapan kalsium oleh tubuh dapat berlangsung optimal, dibutuhkan vitamin D. Kecukupan kalsium dan vitamin D menjadi syarat untuk pertumbuhan yang baik.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics tahun 2011, anak usia 1–3 tahun membutuhkan 700 miligram kalsium per hari. Sementara itu, anak usia 4–8 tahun memerlukan 1000 miligram kalsium setiap hari. Kebutuhan vitamin D untuk anak berusia di atas satu tahun adalah 600 IU (International Unit) per hari.

Rekomendasi Dietary Guidelines for Americans tahun 2015 membatasi konsumsi susu 2–3 gelas dalam sehari. Hal serupa ditemukan dalam penelitian di University of Toronto, Amerika Serikat, yang juga dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics.

Rekomendasi tersebut diterapkan karena penyerapan zat besi akan terhambat oleh konsumsi susu yang berlebihan. Jumlah konsumsi susu yang melebihi anjuran membuat anak berisiko mengalami kekurangan zat besi. Selain itu, konsumsi susu berlebihan dapat menimbulkan rasa kenyang dan mengganggu nafsu makan anak

1 of 2

Selanjutnya

Agar tetap mendapatkan manfaat baik dari susu, anak yang memiliki alergi dan risiko alergi terhadap susu sapi, bisa mengonsumsi susu kedelai. Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Prodiges (1–3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya MoriCare+ Prodiges (3–12 tahun) juga dapat membantu mendukung tumbuh kembang anak yang alergi terhadap susu sapi.

Tidak hanya itu, Morinaga Chil Kid Soya dan Morinaga Chil School Soya juga baik untuk anak yang mengalami intoleransi laktosa, atau menderita galaktosemia. Morinaga Chil Kid Soya dan Morinaga Chil School Soya merupakan susu pertumbuhan berbahan dasar isolat protein kedelai (sebagai sumber protein) yang berkualitas tinggi setara susu sapi.

Susu anak ini memiliki formula MoriCcare+ Prodiges yang berperan dalam membantu mendukung kecerdasan multitalenta dan pertahanan tubuh ganda. Kombinasi vitamin D dan kalsium yang juga terdapat di dalam Morinaga Chil Kid Soya dan Morinaga Chil School Soya membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi anak.

Sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik, yakni kalsium dan vitamin D, susu dapat diberikan kepada anak setiap hari. Konsumsi sebanyak dua gelas sehari akan memberikan manfaat yang optimal pada anak. Akan tetapi, minum susu secara berlebihan justru dapat menimbulkan gangguan penyerapan zat besi.

[BA/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓