Cara Berikan Buah untuk si Kecil yang Tak Suka Mengunyah

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 03 Nov 2017, 11:14 WIB
Si Kecil tak suka makan buah karena enggan mengunyah? Ini kiatnya agar Bunda tidak pusing.
Cara Berikan Buah untuk si Kecil yang Tak Suka Mengunyah

Klikdokter.com, Jakarta Buah merupakan salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi si Kecil. Tanpa konsumsi buah yang cukup, si Kecil lebih rentan mengalami anemia dan penyakit infeksi. Saluran pencernaan si Kecil pun dapat terganggu bila asupan buahnya tak terpenuhi.

Sayangnya, riset menunjukkan bahwa hampir 80% anak di dunia ini tak menyukai makan buah dan sayur. Salah satu penyebabnya adalah karena mereka enggan mengunyahnya.

Apa yang harus dilakukan Bunda agar si Kecil dapat makan buah? Berikut enam kiat memberikan buah pada si Kecil yang tidak suka mengunyah:

1. Pastikan tidak ada gangguan pada si Kecil

Secara umum, ada dua penyebab si Kecil tidak mau mengunyah makanan: si Kecil enggan mengunyah dan si Kecil tidak mampu mengunyah. Sebelum melakukan usaha lebih lanjut agar Si Kecil mau makan buah, pastikan dahulu bahwa si Kecil sebenarnya sudah mampu mengunyah dan menelan makanan dengan baik.

Pada usia 9–12 bulan seharusnya si Kecil sudah mampu memegang makanan (berbentuk finger food), mengunyah, dan menelannya. Bila si Kecil belum mampu melakukannya, sebaiknya Bunda membawanya ke dokter dahulu.

2. Hindari pemberian jus

Bila si Kecil sebenarnya sudah mampu mengunyah dan menelan, kemungkinan besar penyebabnya tak mau mengunyah buah adalah karena enggan saja. Banyak Bunda yang memilih ‘cara instan’ dengan memberikan buah dalam bentuk jus. Hal ini tidak tepat.

Jus berbeda dengan pure ya, Bunda. Jus dibuat dengan cara memblender bahan makanan bersama dengan air dan gula. Sementara itu, pure merupakan sari makanan yang didapatkan dengan cara dihaluskan dengan sendok atau dengan diblender, tanpa menambahkan air atau gula.

Membiasakan si Kecil mengonsumsi tekstur yang terlalu lembut akan membuatnya semakin enggan untuk makan makanan yang teksturnya padat. Selain itu, buah yang disajikan dalam bentuk jus lebih rendah serat dan cenderung lebih tinggi gula dibandingkan buah segar.

3. Latih Si Kecil secara perlahan

Latihlah si Kecil untuk mengonsumsi buah dalam bentuk tekstur padatnya. Mulailah perlahan dari buah yang mudah ditelan, seperti pisang atau pepaya. Bila si Kecil sudah mau memakannya, Bunda dapat menaikkan tekstur buah secara perlahan.

4. Campurkan ke dalam susu atau yoghurt kesukaannya

Potong buah kecil-kecil, kemudian campurkan ke dalam susu atau yoghurt yang disukai si Kecil. Bila si Kecil bisa memakannya, ulangi lagi pada waktu makan berikutnya tetapi berikan potongan buah yang lebih besar secara bertahap. Cara ini dapat diterapkan pada si Kecil yang telah berusia 8 bulan ke atas.

5. Buat puding buah

Bunda dapat membuat puding dan memberikan topping buah di atasnya. Buah yang dapat digunakan sebagai campuran puding, antara lain melon, mangga, stroberi, buah naga, kiwi, dan jeruk. Puding baik untuk diberikan pada si Kecil yang berusia 8 bulan ke atas.

6. Jadikan buah beku

Buah dapat dipotong kecil-kecil kemudian dimasukkan ke dalam cetakan es krim dan dibekukan. Sajikan kepada si Kecil setelah beku. Selain rasanya yang dingin dan segar, buah yang berasal dari kondisi beku lebih mudah ditelan dibandingkan dalam kondisi segar. si Kecil dapat memakan dan belajar memegang sendiri potongan buah beku ini pada usia 9 bulan ke atas.

Yuk, ajarkan si Kecil untuk mengunyah buah dengan mempraktikkan kiat memberi buah di atas. Jadikan buah sebagai makanan wajib si Kecil setiap hari untuk menjaga kesehatannya.

[RS/ RH]