Cara Cerdas agar si Kecil Doyan Makan Buah

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 03 Nov 2017, 13:26 WIB
si Kecil enggan makan buah-buahan? Kini Bunda tak perlu khawatir, ada cara cerdas untuk menyiasatinya.
Cara Cerdas agar si Kecil Doyan Makan Buah

Klikdokter.com, Jakarta Manfaat buah untuk si Kecil tak perlu diragukan lagi. Vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah-buahan sangat bermanfaat untuk menangkal berbagai penyakit.

Selain itu, buah juga mengandung fruktosa dan glukosa yang merupakan sumber kalori untuk membantu meningkatkan berat badan si Kecil.

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa si Kecil yang rutin mengonsumsi buah-buahan memiliki berat badan yang lebih ideal, pencernaan yang lebih baik, dan lebih terlindung dari penyakit darah tinggi saat dewasa.

Sayangnya, tak semua anak mau makan buah-buahan dengan lahap. Namun, Bunda tak perlu khawatir. Jika si Kecil enggan untuk makan buah, berikut ini sederet cara cerdas untuk mengatasinya.

  • Sajikan buah dalam bentuk pure

Pure merupakan bahan makanan yang dilembutkan hingga konsistensinya serupa dengan bubur. Menyajikan buah dalam bentuk pure adalah salah satu cara mudah agar si Kecil mudah untuk makan buah.

Hal ini sangat bermanfaat terutama saat si Kecil sedang tumbuh gigi (usia 6 bulan sampai 2 tahun). Saat itu gusinya tidak nyaman sehingga sering kali si Kecil malas makan. Pure yang disajikan dingin tidak hanya nikmat, tetapi juga dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan si Kecil saat tumbuh gigi.

  • sisipkan buah-buahan dalam menu makanan

Agar si Kecil mau makan buah, Bunda dapat mencoba untuk menyisipkan buah dalam menu makanan yang disukainya.

Misalnya, bila si Kecil gemar makan serealia, maka Bunda bisa mencampurkan serealia dengan pisang yang dipotong kecil-kecil. Atau bila si Kecil menyukai roti, Bunda dapat mengoleskan selai buah yang dibuat sendiri ke dalam roti.

  • Makan buah sambil bermain peran

Jadikan makan buah menjadi momen yang menyenangkan untuk si Kecil. Caranya, ajak si Kecil bermain peran menjadi binatang tertentu yang sedang makan buah kesukaannya.

Misalnya, bermain peran menjadi monyet yang sedang makan pisang, burung yang sedang makan semangka, gajah yang sedang makan apel, dan sebagainya.

  • Jadikan buah sebagai bahan smoothies atau es krim

Smoothies merupakan minuman berbahan dasar susu atau yoghurt yang dapat dicampur dengan buah-buahan. Campurkan berbagai jenis buah ke dalam smoothies sesuai selera si Kecil. Sebaiknya hindari penggunaan gula pasir supaya si Kecil tidak kelebihan asupan gula.

Karena mengandung produk susu sapi, pemberian smoothies bisa diberikan saat si Kecil berusia 8 bulan ke atas. Pastikan bahwa si Kecil tak memiliki riwayat alergi susu sapi sebelumnya.

Bila si Kecil suka makan es krim, Bunda juga bisa membuat es krim dengan bahan dasar buah-buahan. Salah satu buah yang sangat cocok dibuat es krim adalah pisang. Bunda cukup membekukan pisang di lemari es, kemudian diblender. Jadilah es krim pisang yang lezat dan bergizi. Es krim lembut dengan bahan berupa buah tanpa adanya campuran bahan lain bisa diberikan saat si Kecil mulai mendapatkan MPASI.

  • Ajak si Kecil membeli dan menyiapkan buah untuk dirinya sendiri

Ajaklah si Kecil ke pasar atau swalayan, biarlah ia memilih buah yang menarik baginya. Libatkan juga si Kecil ketika Bunda menyiapkan buah tersebut untuk dimakan. Hal ini akan lebih membangkitkan keingintahuan dan selera makannya. Cara ini efektif diterapkan pada anak berusia 1 tahun ke atas.

  • Suguhkan berbagai jenis buah

Sajikan berbagai jenis buah potong seperti menyajikan rujak. Bunda juga bisa mencampurkan buah beku dan buah kering di dalamnya. Biarkan si Kecil mencicipi sesuai keinginannya. Selain dapat membantu si Kecil menyukai buah, sajian buah potong ini juga baik untuk perkembangan motorik halus, khususnya untuk si Kecil usia 1–4 tahun.

Dengan kiat-kiat ini, makan buah akan menjadi kegiatan yang menyehatkan dan menyenangkan bagi si Kecil. Selamat mencoba, Bunda!

[RS/ RH]