6 Buah yang Cocok Dibuat Pure untuk si Kecil

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 03 Nov 2017, 13:54 WIB
Pure buah adalah salah satu menu yang enak dan sehat untuk si Kecil. Buah apa saja yang cocok untuk dibuat pure?
6 Buah yang Cocok Dibuat Pure untuk si Kecil

Klikdokter.com, Jakarta Saat si Kecil telah menginjak usia 6 bulan, masa pemberian MPASI dimulai. Bunda dapat menyajikan pure buah sebagai salah satu menu MPASI. Rasanya yang manis dan segar akan menjadi favorit si Kecil.

Dari segi nutrisi, pure buah juga merupakan salah satu alternatif menu MPASI yang bergizi. Bunda tentu sudah tahu, buah adalah salah satu sumber karbohidrat dan serat yang baik, serta kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan si Kecil.

Nah, buah apa saja yang baik untuk dijadikan pure untuk si Kecil? Berikut beberapa di buah yang bisa Bunda manfaatkan:

1. Pisang

Sama halnya dengan alpukat, pisang juga merupakan buah yang tinggi kalori. Selain itu, pisang juga tinggi vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit si Kecil.

Proses pembuatan pure pisang sangat mudah. Pisang cukup dilumatkan dengan sendok, atau dikerok tipis-tipis. Bagian tengah dari pisang sebaiknya tidak diberikan karena dapat memicu sembelit.

2. Apel dan pir

Apel dan pir adalah buah yang mengandung serat larut, sehingga baik untuk mengatasi sembelit dan diare.

Untuk membuat pure apel atau pir, Bunda perlu mengupas dan mengukusnya dahulu hingga agak lunak. Setelah itu, buah dapat dihaluskan dengan saringan kawat atau diblender. Pure apel atau pir dapat disajikan hangat atau dingin.

3. Wortel

Kandungan vitamin A dan serat yang tinggi pada wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, saluran pencernaan, dan kulit si Kecil.

Untuk membuat pure wortel, kulit wortel perlu dikupas, kemudian wortel dikukus selama 10–15 menit. Setelah itu, wortel diblender dan dapat dicampurkan dengan air kaldu ayam.

4. Labu Kuning

Labu kuning merupakan buah yang tinggi zat besi sehingga bermanfaat untuk mencegah anemia. Kandungan kalsium dan magnesium di dalamnya juga membantu menjaga tulang sehat dan kuat. Labu kuning juga tinggi vitamin C sehingga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Warna kuning yang menarik serta rasanya yang manis membuat labu kuning menjadi bahan makanan yang lezat untuk dijadikan pure. Pure labu kuning dapat digunakan untuk menjadi menu camilan atau campuran dalam sup. Untuk membuatnya, kukus dahulu labu kuning, kemudian lumatkan dengan sendok atau blender.

5. Persik

Buah persik memiliki rasa manis dan segar serta warna orange yang menarik. Kandungan gizinya pun amat baik. Persik memiliki kandungan vitamin C, serat, dan beta-karoten yang tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan mata.

Buah ini sangat cocok sebagai pure yang diberikan pertama kali saat si Kecil memulai MPASI. Cara membuatnya pun mudah. Cukup dengan mengupas kulitnya, kemudian melumatkan bagian dalam buah persik menggunakan sendok atau blender. Pure persik sangat cocok dicampurkan dengan apel atau stroberi.

6. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Ini menjadikannya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan membantu menetralkan racun yang ada di hati. Selain itu, stroberi juga mengandung vitamin C dan kalsium yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan memperkuat tulang.

Untuk membuat pure stroberi, kukus dahulu stroberi selama 5–10 menit, barulah diblender. Bila stroberi terasa manis, maka Bunda bisa menyajikan pure stroberi murni. Namun bila terasa agak asam, pure stroberi dapat dicampur dengan pisang, pir, atau persik agar terasa manis.

Itu dia beberapa jenis pure buah yang lezat dan bergizi untuk si Kecil. Cara membuatnya pun mudah dan cepat. Selamat bereksperimen, Bunda!

[RS/ RH]