Mual Muntah saat Hamil Pertanda Janin Kuat?

Oleh KlikDokter pada 06 Nov 2017, 12:59 WIB
Ada yang beranggapan, mual muntah saat hamil merupakan pertanda janin kuat. Bagaimana faktanya?
Mual Muntah saat Hamil Pertanda Janin Kuat?

Klikdokter.com, Jakarta Mual muntah adalah salah satu keluhan yang paling umum dialami ibu hamil. Meski dianggap mengganggu, beberapa orang percaya bahwa kondisi ini merupakan pertanda janin kuat sehingga lebih aman dari risiko keguguran. Benarkah?

Mual muntah saat hamil sering disebut juga morning sickness. Walau demikian, kondisi ini bisa saja terjadi sepanjang hari. Serta dapat memburuk di pagi hari karena perut yang kosong atau jika ibu hamil tidak makan dalam porsi yang cukup.

Biasanya mual muntah dialami pada trimester pertama, namun bisa saja berlanjut sampai trimester kedua, bahkan ada pula yang mengalaminya sampai melahirkan.

Mual muntah saat hamil disebabkan oleh peningkatan hormon hCG. Umumnya ini terjadi pada awal kehamilan (minggu ke 6–8, puncak pada minggu ke 12–14, dan membaik pada minggu ke–22) sampai tubuh wanita tersebut beradaptasi dengan peningkatan produksi hormonal. 

Lalu, bagaimana efek samping mual muntah bagi ibu hamil maupun janin? Sebenarnya, kondisi ini tidak berdampak pada janin Anda asalkan masih ada makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Bahkan pada kasus yang berat, mual muntah ini jarang membahayakan jika diobati dengan benar. Berat badan yang tidak naik pada trimester pertama tidak menjadi masalah, bila Anda masih dapat makan dan minum.

Selain itu, mual muntah merupakan pertanda baik di mana hormon kehamilan bekerja dengan baik dalam mempertahankan kehamilan.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil dengan gejala mual muntah lebih jarang mengalami keguguran. Namun bila Anda tidak mengalami mual muntah, bukan berarti kehamilan Anda tidak sehat.

Untuk meredakan mual muntah saat hamil, selain dengan memperbanyak minum agar tak dehidrasi, Anda juga dapat mengonsumsi PRENAGEN mommy emesis. Mengandung vitamin B6 & protein yang telah teruji klinis, emesis terbukti dapat mengurangi mual muntah pada awal kehamilan. Dilengkapi juga dengan besi, asam folat, dan tinggi kalsium sehingga ibu hamil tak perlu takut kekurangan gizi. Tersedia dalam rasa chocolate & vanilla delight.

[RS/ RH]

Zahra FarhaniZahra Farhani

saya kalo minum susu emesis malah mual dan gak mau makan

Riz KiRiz Ki

Asslm Dok usia kandungan sya sdah 2 bulan 7 hari .sya mau tanya knpa ya saya setiap pagi mual dan muntah?? Trus sya mrasakan sakit di ulu hati. Mksih ya dok

eli murdiyaningsiheli murdiyaningsih

dok kok saya minum susu jadi mualnya sering yah ...apa lagi kalo pagi sama waktu maghrib

Lihat Lainnya